Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Pecel Juara di Kota Tuban

Authors

  • Arif Fais Unirow
  • Yudi Supiyanto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Harga, Kualitas produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Pecel Juara Tuban. Dalam penelitian ini digunakan penelitian survey dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen rumah makan Pecel Juara Tuban. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah accidental sampling. Yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel apabila dirasa orang tersebut sesuai dengan kriteria sampel penelitian. Jumlah sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh sebanyak 60 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data dan uji regresi secara parsial (Uji t) dan regresi secara simultan (uji F). Hasil analisis menyebutkan bahwa variabel harga berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 59,3% dan ditandai dengan nilai thitung 4,903 > ttabel 2,002 dan signifinaksi dibawah 0,05 (0,000 < 0,05), sedangkan untuk variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 31,2% dan ditandai dengan nilai thitung 2,664 > ttabel 2,002 dan signifinaksi dibawah 0,05 (0,010 < 0,05), dan secara simultan variabel harga dan kualitas produk berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 77,1% dan ditandai dengan nilai Fhitung 96,222 > Ftabel 3,166 dan signifinaksi dibawah 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Andreas, J. (2013). Pengaruh Brand Credibility terhadap Word of Mouth Melalui Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Giant Hypermarket di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(4).

Dejawata, T. B., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan “Cake in Jar” Cafe Bunchbead Kota Malang)(Doctoral dissertation, Brawijaya University). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 17(2).

Dhita, A. A., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KANAYA FOODCOURT (Survei Pada Konsumen Kanaya Foodcourt Bandung). Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Habibah, H. (2020). Analisis Strategi Potongan Harga (Diskon) untuk Menarik Minat Beli Konsumen di Toko Mezora Cabang Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh produk ramah lingkungan/Green Product dan Harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.

Kamanda, S. V. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Maimunah, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI PADA MINIMARKET ALFAMART DI WILAYAH PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN. Universitas Nasional.

Megawati, Y. (2017). Kualitas pelayanan terkait dengan kepuasan konsumen dalam industri jasa. Business Management Journal, 2(2).

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.

Mulyadi, M. (2012). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71–80.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Nuryadin, M. B. (2007). Harga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Mazahib, 4(1), 90.

Poli, V. (2015). Analisis pengaruh kualitas, promosi dan keunikan produk terhadap keputusan pembelian souvenir Amanda Collection. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Sari, V. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453–464.

Sintya, L. I., Lapian, S. J., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Go-jek online pada mahasiswa FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power branding: Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Mizan Pustaka.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Downloads

Published

2024-02-11