VALIDITAS ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN GOOGLE FORM PADA MATERI PEMASARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas alat evaluasi menggunakan Google Form pada pembelajaran materi pemasaran dengan menerapkan metode Research and Development (R&D) menggunakan Model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah pendefinisian (Define) kebutuhan dan tujuan pengembangan alat evaluasi menggunakan Google Form. Kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (Design), di mana alat evaluasi dirancang sesuai dengan karakteristik materi pemasaran dan tujuan evaluasi. Setelah itu, alat evaluasi dikembangkan (Develop) dengan mengimplementasikan desain yang telah dirancang ke dalam bentuk Google Form. Tahap terakhir adalah penyebaran (Disseminate), di mana alat evaluasi diuji validitasnya melalui validasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi menggunakan Google Form pada materi pemasaran dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan Model 4D memiliki tingkat validitas yang tinggi. Validasi oleh ahli materi, teknologi informasi, dan bahasa menghasilkan perbaikan dan revisi yang signifikan pada alat evaluasi. Revisi meliputi konten pertanyaan yang lebih sesuai dengan materi pemasaran, tampilan visual yang lebih menarik, dan bahasa yang lebih jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan alat evaluasi menggunakan Google Form yang valid dan reliabel dalam konteks pembelajaran materi pemasaran. Metode Research and Development (R&D) dengan Model 4D membantu memastikan bahwa alat evaluasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan evaluasi. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi pedoman untuk pengembangan alat evaluasi serupa pada materi pembelajaran lainnya dengan menggunakan metode R&D dan Model 4D.
References
Anggi, A., et al. (2017). Pemanfaatan Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 45-56.
Arifin, M. Pengembangan Alat Pembelajaran: Validitas, Praktisitas, dan Efektivitas dalam Teori Pembelajaran.
Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pendidikan: Konsep, Metode, dan Implementasi (hal. 5). Penerbit Pustaka Belajar.
Asman, J. M. 2010. Pendidikan sebagai Proses Perubahan Menuju Kedewasaan, Kecerdasan, dan Kematangan Diri. Penerbit Bumi Aksara.
Felani, F. R. (2021). Dampak Positif Penggunaan Alat Evaluasi Google Form dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 18(2), 87-99.
Haryanto. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press, 2020.
Mahrens, H., & Lehmann, I. J. 1978. Educational Measurement: Principles and Practices (dalam Purwanto, N. (Ed.). (2013). Evaluasi Hasil Belajar: Teori, Model, dan Aplikasi (hal. 3). Penerbit Remaja Rosdakarya).
Mardiana, I., & Purnanto, Y. (2017). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 127-139.
Nugroho, B. (2018). Pembelajaran Efektif: Konsep dan Implementasinya dalam Konteks Pendidikan (hal. 2). Penerbit Gava Media.
Nurhidayah, Irfan M., Masriani. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Sirkulasi di Kelas XI IPA Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), BIOMA, Vol. 3, No.2, , 75-82, Desember 2021.
Pradipta, A. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Google Form. Universitas XYZ.
Rahayu, S., & Listiyadi, A. (2014). Metode Evaluasi Konvensional dalam Pembelajaran. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 145-158.
Suardi. (2018). Pedagogi: Pengertian dan Implikasinya dalam Pembelajaran (hal. 7). Penerbit Pustaka Setia.
Sulistyowati, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Form sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK): Studi Kasus pada Mata Pelajaran Pemasaran. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan, 8(2), 135-148.
Sutarti, T. (2017). Penggunaan Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dalam Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 24(3), 215-230.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:
Kencana Pernada Media Group.