PENGEMBANGAN MEDIA KOLA (KOMIK DIALOG ASIK) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PERCAKAPAN KELAS III SDN GAJI V KEREK
Keywords:
Media pembelajaran, KOLA, bahasa Indonesia, teks percakapanAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengembangkan produk media belajar KOLA (Komik Dialog Asik) yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation). Subjek coba dalam penelitian ini adalah para ahli, guru dan peserta didik kelas III SDN Gaji V Kerek. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi para ahli, lembar tes peserta didik dan lembar angket respon peserta didik dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Hasil yang diperoleh dari penelitian media KOLA menunjukkan bahwa pengembangan media memperoleh presentase dari ahli materi yaitu 88% atau sangat valid, ahli bahasa 80% atau valid dan ahli media 88% atau sangat valid serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil keefektifan media KOLA memperoleh presentase 88,6% dan dinyatakan sangat efektif sedangkan hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil 95,5% dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh hasil 91,9% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa media KOLA yang dikembangkan telah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.
References
Daulai, “hakikat manusia dan pendidikan,” vol. 3, no. 2, p. 6, 2021.
S. U. Rizal, I. N. Maharani, M. N. Ramadhan, D. W. Rizqiawan, and J. Abdurachman, Media Pembelajaran. 2016. [Online]. Available: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook Media Pembelajaran.pdf
Siregar & Bahri, “Pengembangan Media Teks Percakapan Dengan Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066668 Medan Johor,” Invent. J. Res. Educ. Stud., vol. 2, no. 3, pp. 1–11, 2021, doi: 10.51178/invention.v2i3.341.
B. H. Hamdan, Media Pembelajaran Efektif. 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
S. Fadilah, Nurzakiyah, Kanya, Hidayat, “Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran,” J. Student Res., vol. 1, no. 2, pp. 11–12, 2023.
Nurfadhillah, Media Pembelajaran, 1st ed. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=jenis+jenis+media+pembelajaran+jenis+jenis+media+pembelajaran&ots=LR4GeaZzP8&sig=yleQhRc6gAtyWIlTMZ26egXyHDI&redir_esc=y#v=onepage&q=jenis jenis media pembelajaran jenis jenis media pembelajaran&f=false
Faqih, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi,” Konfiks J. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 27–34, 2021, doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556.
Dessiane & Hardjono, “Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 42–46, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.537.
Y. A. Pratama, “Media Komik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 1 Sukabumi Bandar Lampung,” J. MUDARRISUNA Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, vol. 8, no. 2, p. 347, 2018, doi: 10.22373/jm.v8i2.4123.
Muliani, “PEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU KOMIK PADA MATERI SEJARAH DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus : SD Negeri 148 Pekanbaru),” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 40–52, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i1.1806.
S. Rabiah, “Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi,” no. April 2015, pp. 1–7, 2018, doi: 10.31227/osf.io/bzfsj.
Noviyanti & Gamaputra, “Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa),” J. Ilm. Manaj. Publik dan Kebijak. Sos., vol. 4, no. 2, p. 100, 2020, doi: 10.25139/jmnegara.v4i2.2458.
I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. IKA, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
N. Sugihartini and K. Yudiana, “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 277–286, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.
A. Hidayat and I. Irawan, “Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan,” J. Cendekia, vol. 1, no. 2, pp. 51–63, 2017.