Strategi Komunikasi Politik Kepemimpinan Ketua DPD GMNI Jawa Timur Periode 2021-2023 Dalam Menerapkan Prinsip Working Ideology

Authors

  • Silvi Nuril Unirow

Keywords:

Strategi; Komunikasi Politik; Kepemimpinan; Working Ideology; GmnI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik kepemimpinan Ketua DPD GMNI Jawa Timur dalam menerapkan prinsip Working Ideology. Komunikasi tidak dapat dipisahkan dari seluruh proses kehidupan manusia. Peran sebuah komunikasi dalam dunia politik juga sangat berpengaruh, penyampaian pesan dan tujuan politik tergantung dari pesan yang disampaikan. Politik pada intinya adalah kekuasaan (power) yakni dengan kemampuan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan melalui berbagai cara dan wadah. Komunikasi politik juga tidak lepas dari sebuah organisasi, setiap organisasi memiliki strategi politik yang digunakan dalam menjalankan tugasnya. Sama halnya dengan organisasi ekstra kampus Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) merupakan organisasi gerakan mahasiswa yang berwatak nasionalis dan berazaskan marhaenisme ajaran Bung Karno, organisasi yang menerapkan prinsip Working Ideology atau Ideologi yang bekerja sebagai suatu pandangan atau keyakinan yang menjadi dasar organisasi atau gerakan dalam melaksanakan kegiatan, kebijakan dan strategi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ideologi dalam konteks Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) mengacu pada pandangan, nilai-nilai, dan prinsip yang menjadi dasar gerakan mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Goal Setting Theory (Teori penetapan tujuan) dikembangkan oleh Locke. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi politik yang digunakan oleh DPD GMNI Jawa Timur periode 2021-2023 yaitu lebih mementingkan komunikasi secara emosional dan tidak meninggalkan nilai-nilai, prinsip yang digaungkan serta menanamkan ideologi serta kesadaran diri dari pada masing-masing anggota atau kader GmnI agar tujuan dalam aktualisasi yang diinginkan tercapai dengan tepat sasaran.

References

D. Mulyana and M. A. Phd, Ilmu komunikasi suatu pengantar. Remaja Rosdakarya, 2022.

J. W. N. Y. holt rinehart and winstons Kohler, organizational communication : behavioral perspective. 1981.

D. Daswati, “Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi,” Academica, vol. 4, no. 1, 2012.

R. Veithzal, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Grafindo, 2004.

R. Aulia and J. Sasmita, “Pengaruh pendidikan dan pelatihan kepuasan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja perawat rawat inap di RSUD Kabupaten Siak.” 2014.

A. Hakim, “Peran kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja sumber daya manusia di wawotobi,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 1–11, 2015.

C. Srimindarti, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Premature Sign-Off dengan Turnover Intention sebagai Variabel Intervening: Suatu Tinjauan dari Goal Setting Theory,” J. Organ. dan Manaj., vol. 8, pp. 102–110, 2012.

T. A. Arsanti, “Hubungan antara Penetapan Tujua, Self-Efficacy dan Kinerja,” Bisnis dan Ekon., vol. 16, pp. 97–109, 2009.

A. Matana, “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero),” Universitas Hasanuddin Makassar, 2017.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)(Sutopo,” Alf. CV, 2014.

P. D. Sugiyono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2019.

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Y. Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC, 2010.

M. Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 2011.

N. K. Denkin, Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.

D. GMNI, Buku Pedoman Organisasi. 2019. [Online]. Available: https://dppgmni.org

Downloads

Published

2024-02-11