Pengembangan Media Road Challenge Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Nadiyatu Khoirun Nisa Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Road Challenge, CTL, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media road challenge berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Metode pada penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Subjek uji coba pada penelitian ini merupakan siswa kelas IV dan guru kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dari tiga ahli yaitu, ahli media, ahli bahasa, ahli materi, lembar angket respon siswa dan guru, serta lembar tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media road challenge yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid dengan presentase penilaian dari ahli media 98%, ahli bahasa 80% dan ahli materi 94%. Produk siap diuji coba di lapangan setelah dilakukan perbaikan pada produk. Berdasarkan hasil lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media road challenge sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan presentase angket guru 95% dan angket siswa 97%. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang efektif dengan melalui perhitungan N-Gain yang mengalami peningkatan. Dari perhitungan N-Gain diperoleh nilai 0,57 dengan kriteria sedang. Berdasarkan perolehan data yang telah diperoleh dari validasi para ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media road challenge yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci: Road Challenge; CTL; Kemampuan Berpikir Kritis

References

. S. U., “Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 2, p. 84, 2020, doi: 10.30659/pendas.7.2.84-98.

Y. Siska, Y. Yufiarti, and M. Japar, “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar,” J. Elem. Sch. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.52657/jouese.v1i1.1324.

F. S. Pratama, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website,” Diskurs. J. Pendidik. Bhs. Indones., vol. 4, no. 2, p. 182, 2021, doi: 10.30998/diskursus.v4i2.9723.

F. Zahra, “Media Pembelajaran Monopoli Materi Jenis Pengelompokan Hewan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 105–112, 2020.

T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” J. misykat, vol. 3, no. 1, pp. 171–187, 2018.

E. T. Pratiwi and E. W. Setyaningtyas, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 379–388, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.362.

A. C. Lestari and A. Ma, “Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi,” vol. 8, no. 1, pp. 46–55, 2020.

A. YUSTINA, M. M. I. SUSANTI, and M. I. RUSTAMTI, “Peningkatan Kedisiplinan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual,” Elem. J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 3, pp. 58–65, 2021, doi: 10.51878/elementary.v1i3.297.

S. Hanim Ahida Suci, Rusijono, and M. Jacky, “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Berpikir Kritis Siswa,” J. Temat., vol. 11, no. 3, pp. 54–61, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/

A. D. Ardhani, M. L. Ilhamdi, and S. Istiningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA,” J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 2, pp. 170–175, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i2.2446.

I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. IKA, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

P. Aprillianti and W. Wiratsiwi, “Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, pp. 80–88, 2021, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

L. Ariyanto, N. D. Rahmawati, and A. Haris, “Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa,” JIPMat, vol. 5, no. 1, pp. 36–48, 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5478.

Khoirudin, “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” pp. 36–51.

D. Purnamawati, C. Ertikanto, and A. Suyatna, “Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 2, pp. 209–219, 2017, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070.

A. Sholeh, S. Cacik, M. P. Sari, and G. Diputra, “Pengembangan Media (Pakapin) Papan Kantong Pintar Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” Elem. Sch. J., vol. 1, no. 1, pp. 23–32, 2022.

Downloads

Published

2024-02-11