PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP
Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, pendekatan STEM, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini berlandaskan pada minimnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan serta volume bangun ruang prisma limas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain control group pre-test post-test. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII-F sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes serta teknik analisis data uji-T. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP.
References
R. Andini, “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Model Problem-Based Learning Berbantuan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM,” vol. 5, pp. 467–474, 2022.
I. Agustina, “PENTINGNYA BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.
S. Zubaidah, “MENGENAL 4C : LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” no. October 2018, pp. 0–18, 2019.
P. Novi and W. Asti, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Materi Statistika Melalui Model Problem Based Learning Ber,” vol. 1, no. 2, pp. 133–152, 2022.
L. Nuryanti, S. Zubaidah, and M. Diantoro, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP,” pp. 155–158, 2018.
Y. N. Nafiah, W. Suyanto, and U. N. Yogyakarta, “PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS,” no. c, pp. 125–143, 2014.
W. Pertiwi, M. Program, S. Magister, P. Matematika, and U. Riau, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS,” vol. 2, no. c, pp. 821–831, 2018.
M. Rizal Mustofa, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” vol. 1, no. 3, pp. 375–384, 2021.
I. Yanti, V. Sukirno, A. S. Parubak, and N. Gultom, “PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” vol. 12, no. 1, pp. 106–117, 2021.
R. Fristadi and H. Bharata, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning,” pp. 597–602, 2015.
Ariyatun, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2020.
E. S. Nugraheni, “Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd gugus gunandar,” UKSW Salatiga, 2018.
C. Desyana Putri, “PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN,” vol. 4, no. 2, pp. 193–204, 2020.
V. Santika and U. S. Maret, “PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING AND MATHEMATICS ) UNTUK MENINGKATKAN LEARNING AND INNOVATION,” no. October 2019, 2021.
T. Mulyani, “Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi,” Univ. Negeri Semarang, 2019.