PENGEMBANGAN PAPAN KATA SEDERHANA (PATAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN KEBOMLATI

Authors

  • Shelvi Fatmawati Fatmawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Media Papan Kata Sederhana, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Papan Kata Sederhana (PATAS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I;(2) mendeskripsikan kelayakan media Papan Kata Sederhana (PATAS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas  I. Melihat guru yang masih menggunakan modul dalam pembelajaran, membuat peneliti tertarik untuk mengembangan media Papan Kata Sederhana (PATAS) yang penggunaanya diharapkan dapat lebih efektif dan efesien. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media Papan Kata Sederhana (PATAS) yang dikembangkan memiliki kriteria valid untuk digunakan dengan persentase untuk ahli materi , ahli bahasa 80, dan ahli media 96,6. Hasil persentase yang diperoleh dari angket respon guru adalah 95,5 dan hasil persentase untuk angket respon siswa adalah 88,9 dengan kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dan berdasarkan hasil tes siswa yang dilakukan pada uji coba menghasilkan persentase 76. Dengan demikian media Papan Kata Sederhana (PATAS) ini dapat dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil tes siswa pada uji coba terdapat 7 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dan terdapat 24 siswa yang mendapat nilai di atas KKM.

References

Febrianti, F., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2021).Pengembangan Media Pembelajaran Pakapin Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Wadukopa. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 152-157.

Suhaimi. (2017: 1). Improving Students’ Reading Interest And Participation Through Metacognitive Strategy. 13(01), 65–82.

Nurhayati, Raden. "Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam." Al-Afkar, Journal For Islamic Studies (2020): 57-87.

LT, Gedung D.; FATMAWATI, Mandikdasmen Jl RS. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006

Hamdani (2011: 244). Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. "Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv." Jurnal Inovasi Penelitian 1.3 (2020): 265-276.

Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis GEOGEBRA dengan Model Pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negri Alauddin Makasar.

Sugiono (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Saputri, E. R. (2022, November). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK LATIHAN LISTENING PADA SISWA KELAS VIII SMP SEORJO ALAM NGAJUM. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 2, No. 1).

Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis GEOGEBRA dengan Model Pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negri Alauddin Makasar.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan lks berbasis rme dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Lestari, W. A. U., Akhdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2012). Penggunaan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa MTs Negeri Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 76-79.

Sulistiyono, N., Perdana, F. W., Irwan, I., Tungkup, D. L., & Miran, M. (2022). Implementasi Barang Bukti Petunjuk Oleh Hakim dalam Menjatuhkan Putusan Tindak Pidana Pembunuhan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(10), 1424-1432.

Downloads

Published

2024-02-11