Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Tema Identitas Nasional melalui Media Flash Card pada SDN Sumberagung

Authors

  • Muamar Khanafi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mardi Widodo Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan media flash card

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan karena banyak peserta didik belum memahami materi identitas nasional dan kurangnya media serta ada peserta didik memiliki nilai dibawah 75. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penilitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa serta lembar tes. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan teknik data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media flash card pembelajaran Ppkn kelas II materi identitas nasional. Berdasarkan hasil validasi media, materi dan bahasa diperoleh rata-rata sebesar 90,55 dengan artian media flash card sangat valid dan layak diuji coba. Melalui uji kepraktisan dari angket guru dengan 10 indikator penilaian mendapat presentase 46 dan dapat dinyatakan dengan kategori sangat praktis dan melalui uji kepraktisan siswa mendapat presentase 47,2 dan dapat dinyatakan dengan kategori sangat praktis. Pada hasil pre-test mendapat rata-rata 77,4 dan untuk rata-rata posttest mendapat nilai 94,8 sehingga diperoleh nilai N-Gain 0,77 dengan presentase 77,86 jika dimasukkan dalam kriteria maka masuk dalam kriteria tinggi dan flash card dapat dikatakan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan :Nilai-nilai yang terkandung di dalam identitas nasional akan mendorong peserta didik untuk bersikap sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan :Bagi sekolah sebaiknya menyediakan bahan ajar dan media agar pembelajaran lebih menarik. Bagi guru sebaiknya memberikan pembelajaran yang menarik.
Kata Kunci: Flash Card; Identitas Nasional; Hasil Belajar

References

Alvita, A. & Airlanda,G.S (2021) Pengembangan Flash Card untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5(6)5212-5721.

Astuti, MDP, Awaliyah, S. & Suhartono, E (2022) Pengembangan Media Flashcard Kartu Dalam Mata Pelajaran PPKn SMP Kelas VII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 7(1) 40-48.

Asyafiq, S. (2016) Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1) 29-37.

Cahyani, NLP & Jayanta INL (2021) Video Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Topik Sumber Daya Alam dan Teknologi untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3)538-548.

Dewi, L.(2018)Merancang Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Addie untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Agar Menjadi Pustakawan Yang Beretika. Edulib,8(1), 99-121.

Febriyanto, B. & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flash Card Untuk |Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.

Hanafi, H. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamiyah: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Nurrita, T (2018) Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(I) 171-187.

Parawangsa, E. Dewi, DA, & Furnamasari, YF (2021).Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054

Pujiastutik, H.(2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran,4.(1),25-36.

Rahman, B & Haryanto, H (2014) Peningkatan keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia 2(2) 127-137.

Ramadha, IE & Zuhaida A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 3(2).

Ricardo, R & Meliani RI (2017) Dampak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1) 79-92.

Syafi`i, A. Marfiyanto, T. & Rodiyah, SK (2018) Kajian Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2) 115-123.

Tasya Nabillah (2020) Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prossiding Sesiomadika 2 (1c).

Taufik, M .,& Doyan, A.(2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kacamata Berbasis Situs Google untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3),1167-1173

Downloads

Published

2024-02-11