PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIKTIF (VIDEO INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BEJI I

Authors

  • Yuliana Risya Mursiati Ningsih Universitas Ronggolawe Tuban
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Interaktif, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Beji 1, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Beji 1 Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media Video interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria valid untuk digunakan dengan persentase untuk ahli materi , ahli bahasa 97,1, dan ahli media 97,5. Hasil persentase yang diperoleh dari angket respon guru adalah 95,5 dan hasil persentase untuk angket respon siswa adalah 91 dengan kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dan berdasarkan hasil tes siswa yang dilakukan pada uji coba menghasilkan 81. Dengan demikian media Video interaktif ini dapat dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Trihati.(2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.

Admin Sekolah.(2020). Ekosistem dan Hubungan Makhluk Hidup Materi IPA Tema 5 Kelas V SD Kurikulum 2013.

Susanto.(2013) . Pengertian Hasil Belajar menurut para ahli dan faktor yang menpengaruhi hasil belajar .https://blog.widiyanata.com/pendidikan/pengertian-hasil-belajar-menurut-para-ahli-dan-faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa/

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2013) Media Pembelajaran: Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Adam dkk. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2):78-90.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bandung: Yrma Widya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta.

Sugihartini, N & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2): 221

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta.

A. E. Damayanti dkk, “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis,” in Indones. J. Sci. Math. Educ, 2018, vol. 1, no. 1, pp. 63–70.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Peserta didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (2), 51-63.

D. N. Efendi dkk, “Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor,” in J. Pembelajaran Fis, 2021, vol. 10, no. 2, pp. 49.

Downloads

Published

2024-02-11