MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SDN TONDOMULO IV KEDUNGADEM BOJONEGORO

Authors

  • Nila Ayu Srimadona Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mardi Widodo Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

ABSTRAK

Penelitian berlatarbelakang dalam pembelajaran guru masih ada yang  belum menggunakan media  sehingga membuat peserta didik bosan dan kurang menarik perhatian, dan ditemukan adanya nilai siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dibawah  KKM sebesar 75.   Masalah yang dirumuskan adalah bagaimana pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS ?  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media Pop Up Book dan penggunaan dalam pembelajara.  Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Dengan model  ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1. Tahap Analyze , 2. Design, 3. Tahap Develop, 4. Tahap Implimentasi, 5. Tahap Evaluasi. Teknik  pengumpulan datanya    dengan angket lember validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes soal evaluasi siswa. Teknik analisis data dengan analisis data kevalidan, analisis data keefektifan, dan analisis data kepraktisan media Pop Up Book. Hasil penelitian adalah  media  memenuhi  kriteria kevalidan ditunjukkan nilai dari ahli media 90,2, ahli materi 83,1, dan ahli bahasa 93,3, dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,86. Hasil tes  evaluasi siswa memperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,74. Dan Angket respon siswa 47,6 dan angket respon guru memperoleh skor 39. Media Pop Up Book layak digunakan pada mata pelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsaku.  Untuk meningkatkan mutu pendidikan hendaknya kepala sekolah dan guru memperbaiki  media pembelajaran, dan seyogyanya  guru dan siswa menggunakan media pembelajaran , bagi  guru dan siswa seyogyanya  dapat menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsaku.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media, IPS, Keberagaman Budaya Bangsaku, dan Pop Up Book

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1-7.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60-69.

Fajriyah, N. L. (2019). Pengembangan instruksional design mata pelajaran fiqh kelas VI dengan model ADDIE di MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Tarbawi Vol, 16(2).

Downloads

Published

2024-02-11