Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen UMKM Sambal Bawang Cobek Bu Sri

Authors

  • Antika Zahra Dewi Unirow
  • Ridaul Innayah Unirow

Abstract

ABSTRAK

 

Untuk kesusksesan suatu usaha dalam pemasaran agar meningkatkan penjualan, baiknya UMKM tersebut harus memperhatikan aspek-aspek pelayanan yaitu kepuasan pada kualitas produk dan harga. Kualitas produk yang bermutu tentunya juga mempengaruhi keinginan konsumen, begitu pula dengan harga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen UMKM Sambal Bawang Cobek Bu Sri. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen UMKM Sambal Bawang Cobek Bu Sri yang berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan penyebaran kuesioner dalam bentuk google from dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan deskritif dengan pendekatan statistik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskritif, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda. Dengan uji instrumen validitas, dan uji reliabilitas. Uji asusmsi kelasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedasitas dan uji linieritas. Pada uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan uji t (parsial), uji f (simultan), dan koefisien determinasi. Bedasarkan hasil perhitungan data dapat disimpulkan, bahwa Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen  dibuktikan dengan uji t dengan nilai signifikasi 0,01 < 0,05 dan Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Terdapat nilai t hitung pada Kualitas Produk sebesar 3.573 > 2,026, dan niali t hitung pada Harga sebesar 9.411 > 2,026. Maka menandakan variabel tersebut sama-sama berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

References

Abdul Rahman Raka Aditia, M. W. (2020). Universitas Global Mandiri . PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR NMAX PADA PT YAMAHA A.RIVAI PALEMBANG, 25.

Dr. DRS. H. Rifa"i Abubakar, M. (2021). Dalam P. M. PENELITIAN. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Dr. M. Anang Firmansyah, S. M. (2019). Dalam P. P. STRATEGY). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Dr. M. Anang Firmansyah, S. M. (2019). Dalam P. D. KONSEP. CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Dr. Rosnaini Daga, S. M. (2017). Dalam K. P. Citra. GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUTE.

HAMDI, A. I. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHAFA FRIED CHICKEN DI CERME GRESIK, 18.

Hamdi, A. I. (2022). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHAFA FRIED CHICKEN DI CERME GRESIK, 18.

Hermanto, S. S. (2019). Dalam K. d. Faktor Pelayanan. CV. Jakad Publishing Surabaya .

ilfathna, Z. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KOBER MIE SETAN DI KOTA MALANG), 8.

Imron. (2019). Universitas Bina Sarana Informatika. ANALISIA PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KUANTITATIF PADA CV. MEUBELE BERKAH TANGERANG, 23.

Indrasari, D. M. (2019). Dalam P. &. PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.

Laylan Syafina SE, M. d. (2019). Dalam M. P. Kuantitatif. FEBI UIN-SU Press.

Laylan Syafina, S. M. (2019). Dalam M. P. Akutansi. FEBI UIN-SU Press.

Marchelyno Sundalangi, S. L. (2014). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas SamRatulangi Manado. KUALITAS PRODUK, DAYA TARIK IKLAN, DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PIZZA HUT MANADO, 316.

Paramitha, M. D. (2015). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UNIVERSITAS Dipononegoro Semarang. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN, 19.

Pratama, S. Y. (2018). Prodi Muamalah Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI AGYA COLLECTION PONOROGO, 48.

Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M. d. (2021). Dalam M. P. KUANTITATIF. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Purnawijaya, F. M. (2019). Studi Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra . PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KEDAI 27 DI SURABAYA.

Puspitaningtyas, A. W. (2016). Dalam M. P. Kuantitatif. Yogyakarta: PANDIVA BUKU.

Razak, I. (2019). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas UNKRIS. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, 5.

Rizkiani, A. N. (2021). DIPLOMA III. PROGRAM STUDI AKUTANSI, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA, hal. 47.

Sugiyono, P. D. (2013). Dalam M. P. R&D. Bandung: ALFABETA,CV.

Sukmawati, R. (2017). Fakultas Ekonomi, Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GARDEN CAFE KOPERASAI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 43.

Sukmawati, Rina. (2017). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PELYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GARDEN CAFE KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 26.

Wibisono, E. S. (2019). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Surabaya. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN KONSUMEN UD. RIZKY BAROKAH DI BALONGBENDO., 20.

Downloads

Published

2024-02-11