ANALISIS VALIDITAS MEDIA VISUAL BASIC APPLICATION BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SD SDN KEBONSARI III TUBAN

Authors

  • nur suci rahayu Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Android MESDA, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembeljaran berbasis aplikasi android “MESDA” dan menganalisis tingkat kelayakan (validitas) dari aplikasi android “MESDA” sebagai media pembelajaran materi Membangun Masyarakat yang Beradab Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model 4D memiliki 5 tahapan yaitu define, design, development, dan dissemination Model pengembangan 4D juga disebut 4P yaitu : pendefisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan berupa angket, untuk memperoleh data tingkat kelayakan (validitas) aplikasi android “MESDA” sebagai media pembelajaran Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan uji validasi yang dilakukan oleh tiga ahli diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android “MESDA” pada hasil Ahli Materi diperoleh presentase sebesar 81,6% dan dinyatakan valid, pada hasil Ahli Media diperoleh presentase sebesar 90,5% dan dinyatakan valid, pada hasil Ahli Bahasa diperoleh presentase sebesar 75% dan dinyatakan cukup valid. Dari ketiga validator menyatakan bahwa Media Aplikasi “MESDA” sudah dapat digunakan dan masuk kriteria valid untuk siswa kelas iv sekolah dasar.

References

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : GP Press Group.

Irma. (2017). Pentingnya Media dan Model Pembelajaran dalam Proses Mengajar. https://metrojambi.com/read/2017/10/27/26042/pentingnya-media-dan-model-pembelajaran-dalam-proses-mengajar.

https://eprints.umm.ac.id/80719/3/BAB%20II.pdf

https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=2&q=perkembangan+teknologi+pendidikan&qst=ir#d=gs_qabs&t=1683155228440&u=%23p%3DzwV5RHvE9M0J

Sudjana Nana. (2003). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

lMargono S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

http://semnas.fkip.umpo.ac.id/wpcontent/uploads/2015/12/030-Anik-Indramawan.pdf.padatanggal04November2019

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ahmad Rivai dan Nana Sudjana.( 2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nasution. (2005). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ahmad M Ramli (2021).Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. htttps://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo89penduduk ndonesia-gunakan-smartphone. Diakses pada 07 Maret 2021.

Downloads

Published

2024-02-11