PENERAPAN MEDIA PANBAR (PAPAN BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Dewi Kurniati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Panbar, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini berlatar belakang karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Cara penyampaian materi juga sangat konvesional menggunakan metode ceramah. Hal ini juga dipengaruhi dengan ketidak tersedianyan media pembelajaran yang menarik. Hasil belajar siswa juga belum memenuhi ketuntasan. Oleh karena itu solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan media panbar (Papan Bergambar). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Penambangan 1 dengan menerapkan media Panbar (Papan Bergambar) dalam pembelajaran tema 7 subtema 1 tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 11 siswa putri dan 10 siswa laki-laki. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pembelajran baik siklus I maupun siklus II. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar hasil belajar, lembar observasi terdiri dari lembar observasi siswa dan lembar observasi guru serta lembar wawancara. Hasil penelitian dengan penerapan media panbar menunjukkan bahwa pada silkus I hasil belajar siswa sebesar 62% hasil tersebut belum mencapai ketuntasan minimal, maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II sebesar 100%. Hasil tersebut sudah termasuk diatas tingkat ketuntasan minimal. Jadi siklus penelitian ini hanya sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media panbar (papan bergambar) telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Penambangan 1 Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban semester II tahun pelajaran 2022/2023.

References

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru.

Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan

perbandingan perhitungan manual. Jakarta: Penerbit Kencana.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan

perhitungan perbandingan manual. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2024-02-11