ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Authors

  • Galuh Ega Mawarni Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran, Kemampuan Literasi, Kemampuan baca dan tulis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pengaruh pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan literasi siswa sekolah dasar, khususnya membaca dan menulis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Arikunto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberagung yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah telah digunakan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sumberagung.  Hal ini dapat dilihat dari hasil pada Siklus I sebesar 45,45%, dan meningkat pada Siklus II sebesar 72,72%.

References

G. M. Johan and D. A. V. Ghasya, “Pengembangan Media Literasi Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar,” J. Tunas Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 184–199, 2018.

E. R. Juniawan and H. Haryadi, “Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa SD,” J. Elem. Sch., vol. 5, no. 2, pp. 269–282, 2022, doi: 10.31539/joes.v5i2.4280.

W. Wiratsiwi, “Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 10, no. 2, pp. 230–238, 2020, doi: 10.24176/re.v10i2.4663.

M. Maryono, I. S. Pamela, and H. Budiono, “Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 491–498, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1707.

L. Laksmi, “Strategi Perpustakaan Menerapkan Literasi Untuk Meningkatkan Imajinasi, Kreativitas, Inovasi,” Alfuad J. Sos. Keagamaan, vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.31958/jsk.v4i1.1957.

N. Sri Dwijayanti and N. Sari, “Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 11, no. 2, p. 161, 2021, doi: 10.33087/dikdaya.v11i2.211.

M. L. Nasution, Y. Yerizon, and R. Gusmiyanti, “Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities Through the Application of Learning Models Problem Based Learning,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 335, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/335/1/012117.

E. H. J. Yew and K. Goh, “Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning,” Heal. Prof. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 75–79, 2016, doi: 10.1016/j.hpe.2016.01.004.

N. P. Utami and P. G. Yanti, “Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8388–8394, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3825.

P. S. et al Mustafa, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga., no. 1. 2022.

S. Arikunto, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,” 2019.

E. Paizaluddin, “Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research),” Bandung Alf., 2016.

A. Irawan and C. Febriyanti, “Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika,” J. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Malang, vol. 22, no. 1, p. 102415, 2017.

V. N. Hazanah, “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hak Asasi Manusia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sman 17 Bandung.” FKIP Unpas, 2017.

P. S. Arta, “Rancang Bangun Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2229.

Downloads

Published

2024-02-11