PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA SISWA

Authors

  • Arina Hidayatul Laily Universitas Ronggolawe Tuban
  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Kearifan Lokal, Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk e-modul berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi bahasa siswa pada pembelajaran tema 8 subtema 3 kelas 4 sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perencanaan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek coba dalam penelitian ini adalah para ahli, guru, dan siswa kelas 4 di SDN Sumberejo II. Instumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli, lembar tes siswa, serta lembar respon guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil dari penelitian e-modul berbasis kearifan lokal menunjukkan bahwa pengembangan e-modul memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dengan presentase dari ahli materi 93,33% dan ahli bahasa 93,33%, sedangkan dari ahli media mendapatkan presentase 80% dengan kriteria valid. Dari hasil tes siswa menunjukan ketuntaan secara klasikal dengan presentase 85,6% yang menunjukkan kriteria sangat efektif. Lembar angket respon guru dan siswa menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal memiliki kriteria sangat praktis untuk pembelajaran dengan hasil presentasi angket respon guru 100% dan angket respon siswa 100%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal telah valid, efektif, dan praktis.

References

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme: Implementasi dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ghaitsa: Islamic Education, 2(1), 49–57. http://liyarizkifadillah1997.blogspot.com/2019/01/teori-belajar-konstruktivisme.html

Jeflin, Hairunisa, and Hade Afriansyah. 2020. Pengertian Kurikulum, Proses Adminsitrasi Kurikulum Dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.

Yamin, M., Syahrir. (2020). Pembagunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis Dan Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1707

Anwar, M. F. N., Ruminati, & Suharjo. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasisi Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10):1291-1297.

Chusna, L. N, Ekowati, D. W., & Kuncahyono. (2019). Modul Pendamping Pembelajaran Tematik Berbasisi Kearifan Lokal Blitar di Kelas IV SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1):81-90.

Samiasih, Reni., dkk. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2): 119-124.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–172

Sarah, S. & Ngaisah, S. (2016). Penggunaan Modul Berbasisi Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal PPKM II, 114-120

Fatikhah, I. & Izzati, N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa 4(2).

Daryamto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta

Rahmi, Mar’atushSholichah Muntaha, dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementery Education, 3(2).

Haidir Salim, Penelitian Pendidikan: Metode,Pendekatan, Dan Jenis. (Jakaerta: Kencana, 2019)

Tegeh, I M. & Kirna I M. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Model ADDIE. 12-26.

Downloads

Published

2024-02-11