PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI MARSA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATERI MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khanty Wilujeng Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media aplikasi, media aplikasi marsa, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media aplikasi marsa berbasis pendidikan karakter materi manfaat persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas V sekolah dasar serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media aplikasi marsa berbasis pendidikan karakter. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 Tahap, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil wawancara dan observasi, sedangkan kuantitatif untuk analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan uji validasi media aplikasi marsa yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak atau valid untuk digunakan dengan presentase ahli materi 89,3% , ahli media 96,3% dan ahli bahasa 83,6%. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media aplikasi marsa yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan dengan presentase angket respon guru sebesar 88% dan angket respon siswa sebesar 91,9%. Hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 93,3% dengan 28 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 2 peserta didik mendapat nilai dibawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media aplikasi marsa berbasis pendidikan karakter materi manfaat persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas V sekolah dasar yang dikembangkan sangat layak/valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Media Aplikasi Marsa; Pendidikan Karakter; Manfaat Persatuan dan Kesatuan

References

G. Mustikaningrum, L. Pramusinta, S. A. M. U. Buamona, E. Cahyadi, and W. Istiqomah, “Implementasi pendidikan karakter terintegrasi kurikulum dan metode pembelajaran pada masa pandemi Covid-19,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 7, no. 2, pp. 154–164, 2020.

D. P. Putri, “Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 37–50, 2018.

D. Dakir, “Manajemen pendidikan karakter konsep dan implementasinya di sekolah dan madrasah.” K-Media, 2019.

G. U. Nono, B. P. F. Hermuttaqien, and L. B. Wadu, “Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa,” J. Moral Kemasyarakatan, vol. 3, no. 2, pp. 52–56, 2018.

E. Ardiansyah, H. G. Pratama, and S. Sulendro, “Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan,” J. Phys. Act., vol. 1, no. 2, pp. 60–72, 2020.

W. Gunawan, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 69–76, 2019.

M. Faqih, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran puisi,” J. Konfiks, vol. 7, no. 2, pp. 27–34, 2020.

R. Arliza, I. Setiawan, and A. Yani, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 77–84, 2019.

E. R. A. Uma, Y. Makaborang, and Y. Ndjoeroemana, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan,” J. Pendidik. Indones. Gemilang, vol. 2, no. 1, pp. 9–16, 2022.

R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 116–126, 2019.

T. D. Kurnia, C. Lati, H. Fauziah, and A. Trihanton, “Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2019, vol. 1, no. 1, pp. 516–525.

A. Aswardi, R. Mukhaiyar, E. Elfizon, and N. Nellitawati, “Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri Kota Payakumbuh,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 1, pp. 51–56, 2019.

M. M. Fardany and R. M. Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi,” J. Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 3, pp. 101–108, 2020.

B. Baiduri, M. Taufik, and L. Elfiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP,” Aksioma J., vol. 8, no. 1, pp. 248–261, 2019.

H. Syifaunnur, “Pengembangan dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif ‘SMART CHEMIST’Berbasis Intertekstual Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA,’” Skripsi. Semarang Jur. Kim. Fak. Mat. Dan Ilmu Pengetah. Alam Univ. Negeri Semarang, 2015.

M. I. Majid and S. Linuwih, “Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) materi usaha dan energi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 3, pp. 228–238, 2019.

Published

2024-02-11