PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING

Authors

  • Revlina Indraswati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mu’jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

perangkat ajar matematika; problem based learning; pendekatan visual thinking;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat ajar matematika berupa modul ajar dan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Visual Thinking pada elemen Aljabar capaian pembelajaran pola gambar dan bilangan  Kelas IV Sekolah Dasar yang teruji kevalidan. Pengembangan perangkat ajar dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (1974) yaitu model 4D. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : Define (pendefinisian), Design (perancangan), develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi Modul Ajar dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik non tes dan validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh perangkat ajar matematika berbasis Problem Based Learning dengan pendekatan Visual Thinking yang memenuhi syarat kevalidan.

References

A. Yarmayani, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 6, no. 2, pp. 12–19, 2016.

M. Novitasari, “Pengembangan lembar kerja peserta didik: Membudayakan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar,” in Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 2022, pp. 74–86.

Kemendikbud, “Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum,” Pus. Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelit. dan Pengemb. dan perbukuan, Kementrian Pendidik. dan Kebud., pp. 1–125, 2020.

H. Herawati, M. Lamada, and E. S. Rahman, “Analisis kemampuan literasi siswa SMK negeri di kota Makassar.” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 2019.

K. Husnul, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D V2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

H. Helaluddin, “Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi,” Estet. J. Bhs. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 101–116, 2018.

N. Dantes and N. N. L. Handayani, “Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja,” WIDYALAYA J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 269–283, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121.

D. C. Rohim, “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” J. VARIDIKA, vol. 33, no. 1, pp. 54–62, 2021, doi: 10.23917/varidika.v33i1.14993.

A. Puspitasari, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika,” 2015.

N. Shihab, Literasi Menggerakkan Negeri. Lentera Hati, 2019.

S. M. Sari, “Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA,” J. Serambi Ilmu, vol. 21, no. 2, pp. 211–228, 2020.

S.-G. of the OECD, “What Students Know and Can Do,” PISA 2009 a Glance, vol. I, 2019, doi: 10.1787/g222d18af-en.

S. Hadi and N. Novaliyosi, “TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study),” 2019.

N. Thamaria and Unigarro et al, “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN,” J. Chem. Inf. Model., vol. 12 Suppl 1, no. 9, pp. 1–29, 2005, [Online]. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094.

D. Daryanto, “Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum 2013,” Yogyakarta Gava Media, 2014.

M. Farhan and H. Retnawati, “Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 227–240, 2014.

E. Nurdin, “Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siswa,” AdMathEdu J. Ilm. Pendidik. Mat. Ilmu Mat. dan Mat. Terap., vol. 5, no. 2, 2016, doi: 10.12928/admathedu.v5i2.4768.

B Albert B. Bennet JR., “Visual Thinking and Number Relationships,” vol. 81, no. 4, pp. 267–272, 2014.

Ariawan and K. J. Putri, “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning disertai pendekatan visual thinking pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII,” Juring (Journal Res. Math. Learn., vol. 3, no. 3, pp. 293–302, 2020.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

M. Ali and M. Asrori, Metodologi dan aplikasi riset pendidikan. Bumi Aksara, 2022.

Downloads

Published

2024-02-11