PENGEMBANGAN E-MODUL KEARIFAN LOKAL BATIK KEREK TUBAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination) dengan tujuan penelitiannya adalah: (1) mengetahui kelayakan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar; (2) mengetahui kepraktisan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar; (3) mengetahui keefektifan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh persentase kelayakan modul yang didapatkan melalui hasil validasi ahli sebesar 95% dengan kriteria sangat baik; diperoleh persentase kepraktisan modul yang didapatkan melalui hasil keterlaksanaan pembelajaran, angket respons guru, dan angket respons peserta didik sebesar 96,4% dengan kriteria sangat praktis; dan diperoleh persentase keefektifan tes pada pembelajaran dengan nilai ratarata n-gain sebesar 77,8 pada kategori tinggi dan dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri Padasan. Maka berdasarkan beberapa hasil yang sudah dipaparkan tersebut penelitian pengembangan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, E Modul, Literasi
References
Siti Khotimah, 1119190118, Pengembangan E-Modul Kearifan Lokal Batik Kerek Tuban untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Bahasa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination) dengan tujuan penelitiannya adalah: (1) mengetahui kelayakan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar; (2) mengetahui kepraktisan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar; (3) mengetahui keefektifan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh persentase kelayakan modul yang didapatkan melalui hasil validasi ahli sebesar 95% dengan kriteria sangat baik; diperoleh persentase kepraktisan modul yang didapatkan melalui hasil keterlaksanaan pembelajaran, angket respons guru, dan angket respons peserta didik sebesar 96,4% dengan kriteria sangat praktis; dan diperoleh persentase keefektifan tes pada pembelajaran dengan nilai ratarata n-gain sebesar 77,8 pada kategori tinggi dan dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri Padasan. Maka berdasarkan beberapa hasil yang sudah dipaparkan tersebut penelitian pengembangan E Modul kearifan lokal batik kerek Tuban untuk mengembangkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, E Modul, Literasi