PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA 3 DIMENSI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATERI LAMBANG NEGARA KELAS III SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SDN JADI I SEMANDING

Authors

  • Naning Masruroh Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

ular tangga 3 dimensi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga 3 dimensi berbasis pendidikan karakter materi lambang Negara kelas III Sekolah Dasar serta untuk mengetahui proses pengembangan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media ular tangga 3 dimensi berbasis pendidikan karakter materi lambang Negara kelas III Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain). Develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi ahli media, lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, lembar angket respon pendidik dan peserta didik, serta lembar tes peserta didik,. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Bedasarkan uji validasi media ular tangga 3 dimensi yang dikembangkan memiliki kriteia valid untuk digunakan dengan persentase ahli media 98%, ahli materi 97%, dan ahli bahasa 96%. Lembar angket respon pendidik dan peserta didik diperoleh hasil bahwa media ular tangga 3 dimensi yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon pendidik 88% dan angket respon peserta didik 85%. Hasil tes peserta didik menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketntasan klasikal memeperoleh hasil sebesar 83% dengan 18 peserta didik mendapat nilai diatas KKM dan 3 peserta didik mendapat nilai dibawah KKM.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2016). In Media Pembelajaran Edisi Revisi (pp. 8 – 9). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arafat Lubis, Maulana. “Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di SD/MI: Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0”. Jakarta: Kencana, 2020.

Aulia Ulfah, Risti. Dkk. “Pengaruh Model PBM Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Demokratis”. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 6, No. 2 Oktober 2018.

Cahyadi, R.A (2019) “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model”, Halaqa: Islamic Education Journal.35

Dwi putri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). “Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1267-1273.

Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). “Pentingnya Pembelajaran PKn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9098-9102.

Kusumawardani, F., Akhwani, Nafiah, & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6, 1-10.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.

Pradana, M. R., & Idris, M. (2019). “Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzle dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah”. Kalpataru, 5(2), 141-151.

Sugiyono. (2019). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Yuliantina, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran diorama pasurlut dalam materi pasang surut air laut pada kelas 6 Sekolah Dasar. University Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-02-11