PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DAN STP ( SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DALAM USAHA AYAM POTONG DI PT.PIARA USAHA DI DS.PALANG KAB.TUBAN MENGGUNAKAN METODE SWOT ( STRENGHTS, WEAKNESSES, OPORTUNITIOS, THREATS)

Authors

  • Ahmad Firmanda Khoirul Bisri Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Hendra Suwardana Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Celebgram

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran ayam potong di PT.Piara Usaha dan mengetahui penerapan marketing mix dan STP di PT.Piara Usaha, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode SWOT ( Strenghts, Weaknesses, Oportunitios, Threats), teknik pengumpulan data yang di pakai adalah menggunakan teknik wawancara dan menyebarkan beberapa kuisoner ke karyawan PT.Piara Usaha dan beberapa pelangan PT.Piara Usaha. Tempat penelitian ini di PT.Piara Usaha yang berlokasi di Ds. Palang kec. Palang Kab.Tuban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi marketing mix produk ayam potong di PT.Piara Usaha dalam matriks SWOT berada di kuadarn I kekuatan : pengalaman berternak ayam potong yang sudah lama, pertumbuhan ayam potong yang sangat cepat, mempunyai pelangan yang banyak dan harga yang lebih murah. Kelemahan: kurangnya pegawai, akses keluar masuk kendaraan agak kecil dan proses pemeliharaan yang agak rumit.

Kata Kunci: Marketing mix, STP, SWOT dan PT.Piar usaha

 

References

Cahyono, Pugo. 2016.Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada Pt. Prudential Cabang Lamongan.

Fajri, Ijatul. 2020. Analisis Strategi Marketing Mix Pada Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Pkr) Sejahtera Di Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Banda Aceh.

Faza, Reva, Hasna, Nur. 2018. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dan Strategi Stp Segmenting, Targeting, Positioning) Untuk Mempertahankan Pangsa Pasar. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Barwijaya.

Karikasari, Nurul. 2022. Analisis Stp Dan Strategi Marketing Mix Pelayanan Gigi Dan Mulut Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Rsgm Yarsi. Jurnal Fakultas Kesehatan Masayarakat Universitas Indonesia.Vol 3 (3).

Kotler, P. 2000. Manajemen pemasaran, edisi millennium, Jakarta: Prenhallindo. Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku 1. Cetakan kedua penerbit Andi, Yogyakarta.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation, And Control, Ninth Edition. New Jersey. Prentice-Hall International Inc. Kotle, Philip. 1998.

Manajmenen Pemasaran, Snslidid Perencanaan, Implementasi, Dan Control, Edisi Revisi Jilid 2. Jakarta:Pt. Ikrar Mandiri Abadi.

Novianti, Metty. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap Produk KPR BTN Sejahtera iB Di BTN Syariah Ditinjau Dari Analisis SWOT (Studi Kasus pada BTN Syariah Kantor Cabang Semarang. (Skripsi). UIN Walisongo : Semarang.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.(2018). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Roziki, Khoirul. 2019. Strategi Pemasaran Ayam Boiler Dipeternakan Ud. Restu Ibu Dengan Menggunakan Metode Swot. Jurnal Jkie Fakultas Teknik Universitas Yudharta Pasuruan.

Downloads

Published

2024-02-11