Pengembangan Jalur Pintar Materi Garis Bilangan untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas III SDN Sugihwaras I

Authors

  • Natasha Karunia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran; jalur pintar; matematika; garis bilangan

Abstract

Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan di dapat bahwa guru belum pernah memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Sehingga, banyak peserta didik yang belum  memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Dengan semakin berkembangnya alat tehnologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan media Jalur Pintar. Tujuan dari peneliti adalah  untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Jalur Pintar dan bangaimana kelayakan media pembelajaran . Penelitian ini di laksanakan sesuai dengan metode Research dan Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi model ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian, yaitu (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media dan lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media JALUR PINTAR yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan dengan persentase untuk ahli materi 100%, ahli media 85% dan telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media Jalur Pintar yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon guru 96 % dan angket respon siswa 92%. Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 86%. Data yang dihasilkan dari angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media Jalur Pintar yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Afriadi, R., Lufri, & Razak, A. (2013). Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Sma. Pendidikan Biologi Kolaboratif, 1(2), 19–30.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran Kontekstual : konsep dan aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Purnomo, F., Mukmin, B. A., & ... (2021). Pengembangan Media Mobil Hitung Untuk Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR …, 538–549.

Rusilowati, A., Taufiq, M., & Astuti, B. (2019). Keefektifan Media Pembelajaran Mogabli Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.

Sa’adah, Risa Nur. (2022). METODE PENELIATIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sudijono, Anas. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumantri, Moh. Syarifi. (2015). Strategi Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, Rudi dan Cepi Rinaya. (2017). Media Pembelajaran. Bandung : CV WACANA PRIMA.

Tegeh, I Made , I Nyoman Jampel & Ketut Pudjawan. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu dan Undiksha Press.

Triyanto, F., Siswanto, J., Triyanto, F., & Siswanto, J. (2018). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN MOGABIL MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA. Jurnal Profesi Keguruan, 8, 130–138.

Umbara, Uba. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish.

Yuliantina, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut Dalam Materi Pasang Surut Air Laut Pada Kelas 6 SD. Universitiy of Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-02-11