PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN TEMA 8 SUBTEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PENAMBANGAN I TUBAN

Authors

  • Vida Panca Febriani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model Direct Instruction, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mencapai meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V dengan menggunakan model Direct Instruction. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Penambangan I  Tuban semester II tahun pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Penambangan I Tuban sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dalam teknik pengumpulan data langkah yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari informasi tentang model Direct Instruction, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretes terhadap siswa (prasiklus) adalah berada di bawah tingkat ketuntasan minimal. Untuk itu, dilakukan pembelajaran dengan model Direct Instruction pada siklus I. Namun, hasil belajar pada siklus 1 belum juga mencapai ketuntasan minimal, maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II sebesar 100%. Hasil tersebut sudah termasuk di atas tingkat ketuntasan minimal. Jadi, siklus penelitian ini hanya sampai dengan siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Penambangan I Tuban semester II tahun pelajaran 2022/2023.

References

Arikunto, Suharsimi. Suhardjon. Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir Abdul. (2015). Pembelajaran tematik

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahman, Abd. Munandar, SA. (2022). Kajian pendidikan

Riadi, Muchlisin. (2020). Pembelajaran Tematik (Pengertian, Karakteristik, Ciri, Jenis dan Langkah-langkahnya).

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta, Cv.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tritanto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tritanto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovati-Progresif-dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kadir, Abdul. (2014). Yogyakarta: Andi Offset. Pengenalan system informasi.

Kadir, Abdul. (2014). Yogyakarta: Andi Offset. Pengenalan system informasi

Downloads

Published

2024-02-11