Pengembangan Multimdia Interaktif Canva dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Novita Yuliana Safitri Universitas PGRI Ronggolawe
  • sumadi sumadi

Keywords:

Pengembangan, interaktif, Media, Multimedia, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, canva, ADDIE, Model ADDIE, pembelajaran, Sekolah Dasar, kelas V SD, analisis, Validasi, validasi ahli, post-test, pre-test, kuantitatif, Kepraktisan, Keefektifan, Ujivaliditas pengembangan media pembelajaran, Tingkat Kevalidan, pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif canva pada materi PPKn pada siswa kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Media interaktif canva divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa untuk menentukan kelayakan media. Hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat valid. Dan, hasil validasi ahli bahasa menunjukkan kategori valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa multimedia interaktif canva dinyatakan sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia interaktif canva termasuk dalam kriteria efektif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Multimedia Interaktif Canva dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

I. Agustina Dwi Astuti and R. Asep Sumarni, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI APPYPIE DI SMK BINA MANDIRI DEPOK,” vol. 24, no. 2, [Online]. Available: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/10525

N. Deliany, A. Hidayat, and Y. Nurhayati, “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Educare, vol. 17, no. 2, pp. 90–97, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247

M. Monoarfa and A. Haling, “Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.”

S. M. Naimah1 and W. Wiratsiwi, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI KECEPATAN DAN DEBIT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

“bab 3 tingkat kevalidan media menurut arikunto dalam khoirudin”.

M. Harahap, A. Mujib, A. Syahri Nasution, and U. Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, “Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Development of Uno Math Media to Measure Understanding the Concept of Area of Flat Shapes.” [Online]. Available: http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS

“FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan.” [Online]. Available: https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU

Downloads

Published

2024-02-11