PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI DAERAH PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • ali rouf Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Supiana Dian Nurtjahyan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Hasil Belajar IPA, Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa melalui penerapan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah sebagai sumber belajar.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, dalam pelaksanaanya dibagi kedalam dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan evaluasi. Subjek didalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Thoriqotul Falah Montong yang berjumlah 25 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan melalui metode tes tulis. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif serta studi dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA dengan pokok materi struktur dan fungsi organ tumbuhan pada siswa kelas VII MTs Thoriqotul Falah Montong dapat dilaksanakan dengan baik serta hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis data ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan siklus II meningkat sebesar 28%. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa kelas VII MTs Thoriqotul Falah Montong

References

F. Wulandari, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 267–278, 2016, doi: 10.21070/pedagogia.v5i2.259.

I. C. Sayekti, “Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 129–144, 2019, doi: 10.23917/ppd.v1i2.9256.

H. L. Damayanti and A. A. Anando, “Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri,” J. Sinestesia, vol. 11, no. 1, pp. 52–59, 2021, doi: 10.53696/27219283.59.

A. Susilo and S. Sarkowi, “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi,” Hist. J. Pendidik dan Peneliti Sej., vol. 2, no. 1, p. 43, 2018, doi: 10.17509/historia.v2i1.11206.

Y. Shandra and M. A. Movitaria, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 692–699, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2006.

E. Lovisia, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar,” Sci. Phys. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.31539/spej.v2i1.333.

N. K. Dewi Muliani and I. M. Citra Wibawa, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, p. 107, 2019, doi: 10.23887/jisd.v3i1.17664.

I. Fitri and Y. Fatisa, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 2, no. 2, p. 60, 2019, doi: 10.24014/jnsi.v2i2.7888.

Siti Alimah, “Kearifan Lokal Dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia Yang Literate Dan Berkarakter Untuk Konservasi Alam,” J. Pendidik. Hayati, vol. 1, no. 1, pp. 105–112, 2019.

R. P. Situmorang, “Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di Sma Negeri 2 Wonosari,” J. Pendidik. Sains Univ. Muhammadiyah Semarang, vol. 4, no. 1, pp. 51–57, 2016.

N. Hidayati, A. Bustan, and T. J. Hartanto, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan,” vol. 3, no. 1, pp. 21–26, 2021.

I. Irwandi and H. Fajeriadi, “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan,” BIO-INOVED J. Biol. Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 66, 2020, doi: 10.20527/binov.v1i2.7859.

M. N. Annury, “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas,” Dimas J. Pemikir. Agama untuk Pemberdaya., vol. 18, no. 2, p. 177, 2019, doi: 10.21580/dms.2018.182.3258.

A. Asni, W. Wildan, and S. Hadisaputra, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon,” Chem. Educ. Pract., vol. 3, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.29303/cep.v3i1.1450.

Y. Kristanto and H. Susilo, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 22, no. 2, pp. 197–208, 2015.

Downloads

Published

2024-02-11