Pengembangan media CHASBOOK (Character story book) pada materi kerjasama dalam keberagaman untuk siswa kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Tiara Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media Chasbook (Character Story book) pada materi kerjasama dalam keberagaman untuk siswa kelas II Sekolah Dasar serta untuk mengetahui proses pengembangan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Chasbook (Character Story book) pada materi kerjasama dalam keberagaman untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan). Development (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi ahli media, lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, lembar angket respon pendidik dan peserta didik, serta lembar tes peserta didik,. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan pada media Chasbook yakni dari hasil validasi ahli materi dengan presentase 93%. Sedangkan Hasil validasi ahli media mendapatkan presentase 85%. Untuk validasi ahli bahasa sendiri mendapatkan presentase 97%. Lembar angket respon pendidik dan peserta didik diperoleh hasil bahwa media Chasbook yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon pendidik 96% dan angket respon peserta didik 96%. Hasil tes peserta didik menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketntasan klasikal memeperoleh hasil sebesar 95% dengan 21 peserta didik mendapat nilai diatas KKM dan 1 peserta didik mendapat nilai dibawah KKM. 

 

Kata Kunci: Pengembangan; Chasbook; Pendidikan Karakter 

References

Aulia,E.R.N. & Dewi,D. A.. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sd Sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar,2(1), 13-53.

Purbando, Deni. Pendidikan karakter. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pendidikan-karakter-pengertian-nilai-dan-implementasinya diakses pada 24 april 2023

Tsauri, Sofyan. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember. IAIN Jember Press.

Fitri, J. (2021). Pemgembangan bahan ajar kuta berka (buku cerita bergambar berkarakter) tema 4 subtema 2 pembelajaran 2 kelas 3 sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfa Beta.

Downloads

Published

2024-02-11