Analisis tingkat validitas buku suplemen berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan bahasa produktif siswa kelas iv sd (studi kasus di SDN Margomulyo)

Authors

  • niken ayu agustina agustina universitas pgri ronggolawe
  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

bahasa produktif, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas buku suplemen berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan bahasa produktif siswa kelas IV SD pada pembelajaran abad 21. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dimana model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Analisis data kevalidan yang peneliti lakukan adalah lembar validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: 1) tingkat validitas dari ahli media dinyatakan valid dengan skor 80%. 2) tingkat validitas dari ahli materi dinyatakan sangat valid dengan skor 95%. 3) tingkat validitas dari ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan skor 100%. Kesimpulan dari hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa buku suplemen berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan siap untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

References

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, and Andi Prastowo. 2019. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 10 (1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Zubaidah, Siti. n.d. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” 18

Sugiyarti, Lina, and Alrahmat Arif. 2018. “Pembelajaran Abad 21 di SD,” 6.

Kusmana, Suherli. 2008. Mengenal Buku Non teks Pelajaran. http://suherlicentre.blogspot.co.id/2008/08/mengenalbuku-nonteks-pelajaran-bagian.html. Diakses pada 12 Maret 2023 pukul 21.09 WIB

Nuha, W. I. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Biologi Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Pati sebagai Penunjang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA.Semarang

Pujiastuti, A. U., & Artikel, I. (2020). Analisis Penetrapan Metode Index Card Match Dalam. 11

Anggraini,I.W.,& Umam, N.K (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Pantun Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD. 8(2), 573-576

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1).35-42.https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Downloads

Published

2024-02-11