PELATIHAN PEMBUATAN INFOGRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS DESAIN PADA MAHASISWA

Authors

  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Oktafitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Deni Setiawan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Maya Muaziza Universitas PGRI Ronggolawe
  • Halimatus Sadiyah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kreativitas, informasi, desain infografis, aplikasi canva

Abstract

Pada era perkembangan digital yang sangat pesat, dalam hal ini generasi muda khususnya mahasiswa harus mampu untuk dapat meningkatkan kreativitas berupa ide-ide kreatif dalam bentuk informasi yang menarik sehingga mampu bersaing dengan individu lainnya. Kemampuan kreativitas desain pada mahasiswa dapat diwujudkan melalui pelatihan pembuatan infografis menggunakan aplikasi canva. Tujuan pada pelatihan ini yaitu memberikan mahasiswa tambahan keterampilan membuat desain infografis yang dapat menyajikan informasi secara jelas dengan deskripsi yang telah ditafsirkan sehingga pembaca lebih cepat dan mudah menangkap informasi dari sebuah infografis. Aplikasi canva dipilih untuk membuat desain infografis dikarenakan mudah digunakan untuk pemula dan banyak fitur yang ditawarkan dalam canva sehingga pembuatan ide desain semakin lebih berwarna dan kreatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu dengan cara pemberian materi melalui ceramah, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh para peserta. Hasil dari pengabdian ini mahasiswa mampu membuat desain infografis menggunakan canva serta dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas.

References

A. Poerna Wardhanie, F. Fahminnansih, and E. Rahmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan,” Soc. J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2021, doi: 10.37802/society.v2i1.170.

K. Oktafianto, “Implementasi metode Chi-Squared Automatic Interaction Detection pada klasifikasi Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa FMIPA UNIROW,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2017, [Online]. Available: http://journal.unusa.ac.id/index.php/tsej/article/viewFile/553/478#page=24

A. Y. Rathomi, N. Fatihah, A. Wulandari, K. Oktafianto, and A. Z. Arifin, “Penerapan Metode Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Koperasi Mahasiswa Unirow Tuban,” MathVision J. …, vol. 02, no. 02, pp. 59–64, 2020, [Online]. Available: https://sipd.unirow.ac.id/journal/index.php/mv/article/view/176

A. Dewantara, D. Ariani, D. S. Prawiradilaga, A. A. Ardiansyah, and D. Farah, “PEMBELAJARAN DARING UNTUK GURU SD,” vol. 5, no. 2, pp. 189–201, 2022.

N. M. Ridiani et al., “PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN MEDIA CANVA BANYUURIP KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN,” vol. 1, no. 1, pp. 23–32, 2023, doi: 10.4321/as.v1i1.627.

D. A. Harjito and D. Pravitasari, “Pembuatan infografis dusun krajan i,” Inov. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 2, pp. 123–126, 2015.

Downloads

Published

2024-02-11