PERSONAL BRANDING HABIB JA’FAR DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Unggahan Kultum Pemuda Tersesat Episode 2)

Authors

  • Hikmatul Khoiriyah unirow
  • Kholid Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Personal branding sangat menentukan keberhasilan seorang public figure, karena dapat mempengaruhi gambaran yang muncul dibenak masyarakat dari hasil yang mereka amati, baik dari apa yang dibaca ataupun didengar. Personal brand adalah identitas pribadi yang mampu menciptakan sebuah respon emosional terhadap orang lain mengenai kualitas dan nilai yang dimiliki orang tersebut. Media sosial yang saat ini tengah gencar-gencarnya menjadi ajang pembangunan personal branding public figure salah satunya adalah melalui YouTube, sebagaimana yang telah dilakukan Habib Ja’far. Penulis muda dari kalangan Habib ini tengah berselancar di dunia digital dengan fokusnya untuk penyebar luasan agama Islam dengan cinta. Penelitian ini mengupas personal branding yang dilakukan Habib Ja’far melalui akun YouTubenya Jeda Nulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis unggahan Kultum Pemuda Tersesat episode 2 sebagai unit anlisis pada penelitian ini. Ungahan tersebut dibedah berdasarkan teori the eight laws of personal branding yang dikemukakan oleh Montoya, yang berisi: 1) Spesialisasi, 2) Kepemimpinan, 3) Kepribadian, 4) Perbedaan, 5) Terlihat, 6) Kesatuan, 7) Keteguhan, dan 8) Nama baik. Bersadarkan hasil penelitian ditemukan bahwa personal branding Habib Ja’far memenuhi kedelapan konsep tersebut sehingga menjadikannya memiliki kredibilitas sebagai pendakwah yang mampu berbaur dengan anak muda yang cenderung memiliki keingintahuan tinggi dan menciptakan citra baik bahwa Habib Ja’far adalah sesorang yang tepat menjadi wadah tanya untuk pertanyaan seputar agama yang tidak dapat ditanyakan kepada pendakwah lain.

References

Abugaza, A. (2013). Social media politica. PT. Tali Writing & Publishing House.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.

Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2013). Innovation up close: How school improvement works. Springer Science & Business Media.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Khair, F. (2021). Peran Publik Figur Dalam Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq Dan Sedekah Di Kabupaten Tolitoli. JEKSYAH Islamic Economics Journal, 1(1), 1–15.

Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management (15th global edition). Pearson Education Limited.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis?

Lexy, J. M. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McNally, D., & Speak, K. (2010). Be your own brand: Achieve more of what you want by being more of who you are. Berrett-Koehler Publishers.

Moeloeng, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi revisi; Cetakan ketiga puluh delapan. Bandung.

Montoya, P., & Vandehey, T. (2005). The brand called you: The ultimate personal branding handbook to transform anyone into an indispensable brand. Peter Montoya Pub.

Montoya, P., & Vandehey, T. (2009). The brand called you. McGraw-Hill New York, NY.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neuman, W. L. (2017). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Pertiwi, W. N. B., Purbohastuti, A. W., & Nurhayati, E. (2020). Membangun Personal Branding melalui YouTube. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 61–69.

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Rampersad, H. K. (2009). Authentic personal branding: A new blueprint for building and aligning a powerful leadership brand. IAP.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Downloads

Published

2024-02-11