PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENGGUNAAN E-WALLET TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIROW TUBAN

Authors

  • Siti Nurjanah Unirow
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

lingkungan sosial, penggunaan e-wallet, perilaku konsumtif

Abstract

Perubahan perilaku konsumsi bisa berasal dari lingkungan sosial. Perkembangan IPTEK yang semakin maju salah satunya adanya aplikasi belanja online yang didukung dengan transaksi yang semakin mudah yaitu adanya E-wallet dapat merubah perilaku mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan penggunaan E-wallet terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIROW Tuban. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020, 2021, dan 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier bergandan dengan uji t (parsial), uji f (simultan), dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan data dapat disimpulkan, bahwa lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, penggunaan e-wallet berpengaruh siginifikan terhadap perilaku konsumtif, Lingkungan sosial dan penggunaan e-wallet secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.

References

Sebriyanti, L., Wardianto, K. bagus, & Harori, M. I. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1, 295. https://jkb.fisip.unila.ac.id/index.php/jkb/article/download/105/50/

Farahdiba, E. syahnia. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna E-wallet (electronic wallet) sebagai alat transaksi terhadap mahasiswa di Yogyakarta (Studi Kasus : Mahasiswa Pengguna Layanan E-Wallet OVO di Yogyakarta). 20. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/31056/14312634 Erfi Syachnia Farah Diba G.pdf?sequence=1

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Prasetyo, Y. (2017). Gaya hidup dan shopping addiction. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 121–128.

Indonesia, B. (2021). Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/publikasi/peraturan/pages/pbi_194016.aspx

Sadya, S. (2022). Transaksi Digital, Konsumen Pilih E-Wallet atau Mobile Banking? Sep 27. https://dataindonesia.id/digital/detail/transaksi-digital-konsumen-pilih-ewallet-atau-moblie-banking

Kusnandar, V. (2022). Transaksi Digital Kian Marak, Uang Elektronik Capai 594 juta pada Februari 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/19/transaksi-digital-kian-marak-uang-elektronik-capai-594-juta-unit-pada-februari-2022

Rachmawati, E. W., & Maria, N. S. B. (2022). Analisis Pengaruh Kemudahan Pembayaran Non Tunai (E-Wallet), Gaya Hidup Serta Purchase Intention Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid–19 (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Fauzi, I. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Konsumtif (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Siliwangi Tasikmalaya). Universitas Siliwangi.

Suratman, A. (2021). Analisis Lingkungan Bisnis Dan Hukum (A. A. Andre (ed.); cetakan pe). PT. Mandala Nasional. http://repository.stie-yai.ac.id/555/1/Analisis Lingkungan Bisnis dan Hukum_Prof Adji Suratman_full ISBN.pdf

Mumtazinur. (2019). Ilmu Sosial & Budaya Dasar (M. S. Armia (Ed.); Cetakan Pe). Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia. https://repository.ar-raniry.ac.id/10445/1/12-Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar.pdf

Pratiwi, T. Y. (2023). Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Dan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Jasri, J., Rahayu, I., Aidil, A. M., & Hajerah, S. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Dompet Digital Pada Transaksi Jual Beli. Manajemen, 1(1), 110–115.

Riana, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Wanita Karir di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684–697.

Downloads

Published

2024-02-11