Analisis Desain Pengembangan Media Touch Your Friend pada Konsep Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Kholifatul Umamah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Media touch your friend dikembangkan menggunakan model pengengembangan Borg & Gall. Borg & Gall berpendapat bahwa ada 10 tahapan dalam pengembangan diantaranya 1) potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desai produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) pembuatan produk masal. Tujuan media ini untuk menemukan ide desain yang menarik dalam mengembangkan konsep mengenal keaksaraan anak usia 4-5 tahun. Untuk pengumpulan data pada media ini menggunakan hasil observasi awal dengan pengumpulan informasi melalui observasi dan wawancara kepada guru kelas, pengumpulan data untuk mengumpulkan informasi tentang media touch your friend yang dilakukan melalui penelitian yang relavan supaya mengetahui karakteristik anak serta kebutuhan terhadap media ini, desain produk merupakan pokok bahasa materi yang akan dikembangakan melalui media touch your friend, setelah mendesain akan ada beberapa revisi media dari beberapa tanggapan pembimbing pengembangan media ini guna untuk memperbaiki dan menyempurnakan media agar dapat digunakan dengan baik.. Media ini diuji cobakan untuk mengembangkan konsep mengenal keaksaraan anak usia 4-5 tahun.

References

Amalia, Eka Rizki, and Hasana Hasana. "Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi." Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak 1.1 (2018): 1-11.

Chandra, Ratnasari Dwi Ade. "Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember." Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal) 2.1 (2017).

Hasanah, Nur. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3 Dimensi Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Baitul Islah Kota Bengkulu. Diss. IAIN BENGKULU, 2020.

Ita, E., Laksana, D. N. L., & Kembo, M. R. (2021). ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI, 55.

LESTARI, P. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf di TK Kusuma Putra Surabaya. PAUD Teratai, 2019, 8.2.

LISTRIANI, Ai; HAPIDIN, Hapidin; SUMADI, Tjipto. Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020, 5.1: 591-598..

Nisa, Z., Amal, A., Nilawati, A., Pgpaud, P. P. G., & Makassar, U. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1).

Nurlaela, Lela. Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Sari, Fitria Arum. "Peningkatan kemampuan keaksaraan awal melalui media pembelajaran sandpaper letters pada anak kelompok A TK Aisyiyah 33 Purwodiningratan tahun ajaran 2018/2019." (2019).

Setyaningsih, A., & Katoningsih, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sumardi, E., Haryanto, H., Handayani, B. V., Rachmadaniar, R., & Rahayu, D. I. (2017). Pengembangan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 5-6 tahun melalui buku cerita budaya lokal.

Suryanti, C. M. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Doctoral dissertation, UPT. PERPUSTAKAAN).

TRIANA, Mega; SUMARDI, Sumardi; RAHMAN, Taopik. Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 2020, 4.1: 24-38.

Downloads

Published

2024-02-11