ANALISIS DESAIN MEDIA NUMBER RECOGNITION BOOK DALAM KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 5 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Izzatul Millah Izzatul Millah Mahasiswa
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Media Number Recognition Book memakai model penelitian berbasis R&D (Research and Development), penelitian yang digunakan dalam membuat produk melalui beberapa tahapan yang kemudian menguji apakah produk tersebut layak digunakan atau tidak (Gustiani, 2019). Media number recognition book menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall, dan model pengembangan ini memakai 3 dari 10 langkah-langkah pengembangan. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunkan observasi, dokumentasi, metode wawancara dan metode angket. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuasn mengenalkan lambang bilangan 1 sampai 5 pada anak usia dini, dimana anak diminta untuk menghitung jumlah pada setiap gambar, anak juga bisa meraba pada setiap angka timbul dan anak juga bisa mengenal konsep banyak sedikit pada setiap halamannya. Media number recognition book ini diujikan pada anak usia 3-4 tahun. Pada penelitian pengembangan ini ada 3 langkah yang diikuti secara sistematis dari model pengembangan Borg and Gall, yaitu 1) potensi masalah, yang di lakukan dengan mengamati proses pembelajaran untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi 2) pengumpulan data awal, untuk pengidentifikasian dalam proses pengembangan dengan tujuan penelitian kepustakaan, observasi kelas, identifikasi masalah, dan penjelasan masalah 3) desain produk, tahap perencanaan terkait apa saja yang harus dipersiapkan dalam membuat desain produk pada media number recognition book

References

jurnal, artikel

Downloads

Published

2024-02-11