IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA NASIONALISME PADA ERA 4.0
Keywords:
Era 4.0, nasionalisme, pendidikan karakterAbstract
Khususnya di era Revolusi Industri 4.0 Pendidikan karakter menjadi semakin penting saat ini untuk menciptakan yang berkualitas. Diantara prinsip-prinsip yang perlu ditanamkan melalui pendidikan karakter adalah jiwa nasionalisme. Jiwa nasionalisme sangat penting untuk membangun kesatuan dan persatuan bangsa serta menciptakan rasa cinta dan kebanggaan terhadap negara. Dalam era digital ini, implementasi pendidikan karakter dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada generasi penerus tentang cita-cita nasionalisme. Dengan demikian diharapkan generasi muda dapat berkembang menjadi pemimpin yang cakap dan mencintai bangsanya dan siap menghadapi tantangan global di era 4.0.
References
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Ekaprasetya, S. N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi millenial di era globalisasi melalui pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7853-7858.
Ernawam, D. (2017). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi kebudayaan daerah di Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32(1), 1-54.
Firdaus, M. F., & Fadhir, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Digital Untuk Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri (Vol. 4, pp. 109-113).
Forbil Institute. (2018). Cyber-Physical System: Remote Control Era Revolusi 4.0. https://forbil.org/id/article/159/cyber-physical-system-remote-control-era-revolusi- industri-40
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101-109.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161-170.
Nurhayati, Y., & Muda, W. A. (2017). penguatan pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Tangerang Selatan. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 2, 165-180.
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. SEMNASFIP.
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 696-711.
Roswandi, R. A. (2021). Menakar Keselarasan Islam Dan Patriotisme. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 16(1), 610-618.
Tirtoni, F. (2020). Internalisasi Model Pendidikan Karakter Melalui Leadership Sosial Preneur Pada Pendidikan Dasar Untuk Menuju Revolusi Industri 4.0 Indonesia Berkemajuan. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73-85.
UNDANG-UNDANG SIDIKNAS. 2003. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.