PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN MLATIREJO
Keywords:
Hasil belajar, Problem Based Learning, WordwallAbstract
Penelitian ini dilakukan supaya terjadi peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dibantu oleh Wordwall. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dibagi menjadi 4 bagian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian melibatkan guru dan 16 siswa kelas IV di SDN Mlatirejo. Instrumen penilaian mencakup observasi, tes, dan wawancara. Selama kegiatan pembelajaran, observasi guru terjadi kenaikan di siklus I 82,5% menjadi 90% pada siklus II, sementara observasi siswa naik dari yang awalnya 69,6% pada siklus I menjadi 76,6% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga naik dari 68,75% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil ini, bisa disimpulkan kalau penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media Wordwall efektif dalam penelitian di SDN Mlatirejo.
References
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105-113.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.
Junaidi, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25-35.
Kurnia, N., Permana, E. P., & Permatasari, C. (2023). Implementasi Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 589-598.
Nenohai, J. M., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101-110.
Nuraini, F., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 30-39.
Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Sarjanti, E. (2015). Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui metode picture and picture dengan media audio visual pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geo Edukasi, 4(2).
Nurrada, A. (2021). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA SMA Di Kabupaten Kotawaringin Barat Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 47-55.
Perdana, R. P., & Supriatna, E. (2024). Analisis Efektivitas Teknik Bermain Pada Profesional Liga Nasional Bolavoli Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 11(1), 70-80.
Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489-499.
Putri, E. E., Saleh, N., & Jufri, J. (2021). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 2(1), 53-61.
Widyowati, A. P., Nursyahidah, F., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media wordwall untuk meningkatkan keaktifan peserta didik SD pada pelajaran matematika. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4032-4044.
Rizki, M., Doriza, S., & Dudung, A. (2022). Konsep Sistem Manajerial Pada Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 1-3.
Septiana, N. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN Sampit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika IAIN Palangka Raya, 4(2), 58697.
Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III Sdn Wonotingal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211-5233.