PENGEMBANGAN MEDIA PEPULA (Papan Permainan Peta Ular Tangga) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
pepula, media pembelajaran, research and developmentAbstract
Pengembangan media memiliki tujuan yaitu menciptakan karya hasil pengembangan media PEPULA pada siswa kelas 4 SD. Penelitian media PEPULA, memakai metode penelitian dan pengembangan yang disingkat (R&D). Branch membuat prosedur untuk model pengembangan ADDIE. Dari pengembangan ini media PEPULA, dihasilkan produk yang berupa desain gambar ular tangga yang dipadukan dengan gambar peta dan di cetak dalam sebuah papan yang berukuran besar. Media ini memuat berbagai banyak gambar yang cocok bagi siswa Sekolah Dasar. Data dikumpulkan melalui angket, interview, serta lembar latihan soal. Analisa data dilakukan memakai metode kuantitatif untuk mencapai validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Dari proses analisis data diperoleh nilai kevalidan materi diperoleh 67,5 % masuk dalam golongan valid, media diperoleh 95% masuk dalam golongan sangat valid, bahasa diperoleh 90% masuk kedalam golongan sangat valid. Dari kepraktian media didapatkan dari angket respon siswa sebanyak 91% masuk dalam golongan sangat praktis, dan data dari survei yang diberikan kepada guru ditemukan sebanyak 9% masuk dalam golongan sangat praktis. Dan Dapat dikatakan efektif karena mampu mencapai ketuntasan belajar sebesar 76%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran, terutama kekayaan budaya Indonesia pada kelas 4 SD.
References
Agustin, A. W., & Cahyono, H. (2017). Pengaruh Pendidikan Tinggi dan Investasi Asing Langsung Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–8.
Budi, G. S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning pada Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 353–361. https://chem-upr.education/ojs/index.php/JIKT
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518
Okdiansyah, O., Satria, T. G., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1183
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Ratu Pratiwi, A., Ayu Pratiwi, S., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395.
Rosmana, P. S., Ruswan, A., Alifah, A. N., Pratiwi, K., Fitriani, M. G., Huda, N., Ramadhani, S., & Nurnikmah, U. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3048–3054. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12840/9856
Salombe, Y. S. (2021). Penggunaan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 62–67. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1724
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280