PENGEMBANGAN MEDIA PUCAPI (PUZZLE PECAHAN PINTAR) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media PUCAPI, Kevalidan, Kepraktisan, KeefektifanAbstract
Penelitian ini yakni penelitian pengembangan memakai model ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan produk media pembelajaran PUCAPI (Puzzle Pecahan Pintar) untuk pembelajaran matematika di SD materi pecahan. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas II di UPT SDN Saringembat 2 meliputi 11 siswa. Penelitian ini memakai instrumen pengumpulan data berbentuk lembar validasi ahli, lembar angket respon guru serta siswa, lembar tes siswa. Teknik analisis data yakni analisis data kevalidan, data kepraktisan, serta efektivitas. Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) tingkat kevalidan dari ahli materi dikatakan sangat valid dengan skor 94%, ahli media dinyatakan sangat valid dengan skor 92%, dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan skor 91%, 2) tingkat kepraktisan dari angket respon guru serta siswa sangat praktis dengan skor 90% angket guru dan 89% angket siswa, dan 3) tingkat keefektifan dari hasil tes siswa dinyatakan sangat efektif dengan nilai tuntas klasikal 92,7%. Kesimpulan dari hasil uji coba menunjukkan media PUCAPI (Puzzle Pecahan Pintar) dikembangkan siap dipakai jadi media pembelajaran siswa kelas II di SD.
References
Aeni, S., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2019). Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 159. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18158
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Iswara, T., & Rosneli. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 55–63.
Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69
Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Pada Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 7(3), 6.
Made Intan Asri Devi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 417–428.
Malik, R. F., Riafadilah, A., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 39–50. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4173
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
SafSafitri, N. A. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 938, 6–37.itri, N. A. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 938, 6–37.
Sopan Adrianto. (2019). Peranan Pendidikan Sebagai Transformasi Budaya. Stikomcki, 12(1), 14–19.
Sumarni, S. (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap). Riset & Pengembangan, 38.
Syahputra, M. C. (2020). Pengembangan Model ADDIE dalam Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer Di SMP YAPITA Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(2), 104–113.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074