PENGEMBANGAN MEDIA KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TEMANDANG 1
Keywords:
Media Kuis Interaktif, ClassPoint, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini menggunakan metode R&D yang bertujuan untukĀ mendeskripsikan pengembangan media kuis interaktif. Pada penelitian ini peneliti akan menjelakan pengembangan media kuis interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Temandang. Peneliti menggunakan model ADDIE terdiri dari tahapan Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement), dan Evaluasi (Evaluate).Proses pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi, dan angket akan dianalisis melalui uji coba yang menilai validitas, kepraktisan dan efektivitas. Hasil studi menunjukkan bahwa media kuis interaktif yang disediakan oleh aplikasi ClassPoint sangat efektif, praktis, dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas V SDN. Perhitungan kevalidan untuk ahli materi 96%, ahli media 84%, dan perhitungan praktis untuk respons guru dan tes siswa 77,77% dimiliki oleh media ini.
References
Alda, R. P. (2022). Pengaruh Media Kuis Interaktif Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi Al-Hikmah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Alimuddin, J., & Ekawati, E. N. (2023). Respon Siswa Kelas V SD Negeri 1 Berkoh Purwokerto Selatan Terhadap Penggunaan Classpoint dalam Pembelajaran. Journal of Education for All, 1(2), 145-154.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriani, T., Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Tipe True/False Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 131-140.
Kurniawan, N. D., & Yatri, I. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86-95.
Maesaroh, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Quizizz Berbasis Blended Learning Pada Muatan Ipa Siswa Kelas V SDN Prampelan 1 Sayung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.
Rahmatulloh, B., Maharta, N., & Suyatna, A. (2014). Kuis Interaktif untuk Melatih Kemampuan Pengamatan Siswa pada Materi Kinematika dan Dinamika. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(5), 118255.
Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452-465.
Sumarni, S. (2019). Model Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (MANTAP).
Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.
Waty, H. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E-Learning Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Classpoint. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 1-10.
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76-87.