PENGEMBANGAN MEDIA KADO CALON (KARTU DOMINO PECAHAN SENILAI OPEN ENDED) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Rahayu Setianingsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajaran, kado calon, research and development, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media KADO CALON (Kartu Domino Pecahan Senilai Open Ended) guna menambah hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD khususnya materi pecahan senilai. Observasi ini termasuk pendekatan observasi serta peningkatan atau Research and Development (R&D), dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Partisipan  observasi ini yaitu 12 peserta didik kelas IV SD Negeri Belikanget yang terbagi pada 5 peserta didik laki-laki serta 7 peserta didik perempuan. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data pada observasi ini yaitu lembar validasi dari pakar materi, bahasa, media, serta lembar tes peserta didik, serta angket siswa serta pendidik. Metode analisis data yang dipakai pada observasi  ini disebut validitas, praktikalitas, serta efektivitas. Berdasarkan data yang didapat berdasarkan validasi 95% pakar materi, 95% pakar media, serta 82,5% ahli bahasa, maka hasil validasi ketiga ahli yang menilai keabsahan suatu media dinilai sangat valid. Dari data kepraktisan media yang didapat berdasarkan hasil kuisioner respon pendidik sejumlah 92,5% juga kuisioner respon peserta didik sejumlah 86,25%. Kedua kelompok data kepraktisan dinilai begitu praktis. Sedangkan keampuhan media dinyatakan efektif karena mencapai ketuntasan belajar sebesar 83,9 dengan kategori tinggi yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test peserta didik. Hasil observasi ini mengindikasikan perihal media yang diperuntukkan bagi pembelajaran bermanfaat sebagai media proses pembelajaran, khususnya dalam konteks penilaian pecahan senilai di kelas IV sekolah dasar.

References

Abdullah. (2017). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan,1(2),95–105.

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Utilization of Information Technology-Based Learning Media for Class X Students of SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90.

Aditya, P. T. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64–74.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20173/10899

Akina, A., Mufidah, M., & Sarifuddin, N. M. (2021). Improving Mathematical Learning Outcomes in Geometry Material Through Guided Discovery Method in Class IV Students SD Inpres 1 Lolu Palu. Jurnal Dikdas, 8(1), 1–10. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/7266

Amzani, P. H. (2019). Pengembangan Media Komik Berbasis Literasi Sains untuk Kelas VIII MTs Thawalib Tanjung Limau. IAIN Batusangkar.

Andrayani, N. N. (2016). Pengaruh Strategi Problem Solving Menurut Wankat dan Oreovicz terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Regulaed Siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 173–185.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/25

Hutauruk, L. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi SPLDV dengan Menggunakan Budaya Khas Palembang yang Berbasiskan Taksonomi SOLO Superitem Siswa Kelas IX. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1915/1728

Idapitasari. (2021). Pengaruh Media Kartu Domino terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Kelas III SDN Gugus Kihajar Dewantara Karangtengah Wonogiri Tahun 2012 [UNS (Sebelas Maret University)]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/29839/NjI4NjQ=/Pengaruh-Media-Kartu-Domino-Terhadap-Pemahaman-Konsep-Pecahan-Bagi-Siswa-Kelas-Iii-Sdn-Gugus-Kihajar-Dewantara-Karangtengah-Wonogiri-Tahun-2012-abstrak.pdf

Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Multiply Card dalam Pembelajaran Perkalian terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913–4924. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2962

Marselina, L., Tiurlina, T., & Wulan, N. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 628–643.

Mufidah, D., Suharto, S., & Setiawan, T. B. (2018). Pengaruh Kemampuan Intelegensi dan Task Commitment terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MAN 1 Jember. Jurnal Edukasi, 5(1), 49–53. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8375/5778

Mufidah, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistik pada Materi Trigonometri [Universitas Negeri Malang]. http://mulok.lib.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=109090

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nurfadhillah. (2021). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.

Nurfitriyanti, M. (2016). Dasar-dasar Pengetahuan tentang Media Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Parman, A. (2018). Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Roda Puzzle. Basic Edication, 7(2), 88–95. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/10587/10121

Prebrianti, D., Anwar, K., & Jamhuri. (2020). Penerapan Media Kartu Domino dalam Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Mi Nurul Huda Sumberpitu. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–28. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/116

Putra, A. P. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI ARJOSARI Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Teknik Jigsaw. Maju, 2(2), 269. https://media.neliti.com/media/publications/269919-meningkatkan-hasil-belajar-matematika-si-65f695a6.pdf

Rabba. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-Ended. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahman, M. T. (2019). Penggunaan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Simbol dan Makna Pancasila pada Tema Cita-Citaku di Kelas IV SDN Babatan 1456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/29093

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166.

Setiowati. (2023). Modul Matematika SD Program BERMUTU: Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. PPPPTK Matematika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyah. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–Jenis Media dalam Pembelajaran. Salemba Empat.

Yuli. (2019). Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 1–10.

Downloads

Published

2024-12-28