PENGEMBANGAN COPER (CORONG PERKALIAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 1 GANDU
Keywords:
Media pembelajaran, Pengembangan, COPER (corong perkalian), Matematika, Metode penelitianAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan produk corong perkalian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 GANDU mata pelajaran matematika materi perkalian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan menggunakan metode ADDIE yang memiliki tahapan sebagai berikut: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations. Hasil penelitian didapat: 1) 96% ahli media yang memenuhi kriteria valid, 90% ahli materi yang memenuhi kriteria valid, dan 86% ahli bahasa yang memenuhi persyaratan divalidasi oleh tiga validator. 2) Respon siswa diukur dengan menggunakan persentase tradisional sebesar 96%, sedangkan hasil respon guru diukur sebesar 97% dengan menggunakan kriteria sangat realistis. 3) Hasil tes siswa dicapai dengan skor sempurna sebesar 100%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media corong perkalian sangat efisien untuk tujuan pendidikan.
References
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-BOOK Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat.
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Citriadin, Y. (2014). Pengantar Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI).
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Karuniawati, F., & Mukhoiyaroh, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-20 Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung pada Siswa Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Muslimat Wonocolo Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.500
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika [The Importance Of Mathematical Reasoning In Improving Mathematical Literacy Skills]. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. PI-MATH-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April.
Rusmayana. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Intergrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa. In WIidina Bhakti Persada Bandung.
Saleh & Syahruddin, dkk. (2023). Media Pembelajaran. 1–77.
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.
Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.
Yasin, M., & Netriwati, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar : Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.2040
Yohanes, B. (2016). Matematika Sekolah. Elmatera.