PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 1 LODAN WETAN

Authors

  • Mochmad Vikki Ilhami Saputra Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Multimedia Interaktif, validitas produk, kepraktisan produk, kefektifan produk

Abstract

Metode penelitian dan pengembangan (RD) sistematis digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan dan menguji produk atau inovasi baru. Penelitian ini dilakukan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Tujuan dari studi ini adalah untuk membuat multimedia interaktif  yang meningkatkan prestasi akademik siswa di kelas VI SD yang valid, praktis, dan efektif dalam kegunaanya. Untuk menentukan kelayakan multimedia interaktif, tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Dalam penelitian dan pengembangan (RD), peran ahli materi, ahli bahasa, dan validator melakukan validasi. Hasil uji terhadap ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh nilai kevalidan produk dalam penelitian ini. Uji praktis menunjukkan bahwa media interaktif sangat praktis dalam penggunaanya, dan uji keefektifan menunjukkan bahwa mereka memenuhi kriteria efektif.

References

Ariffin, N. A. M., Ariffin, A. H., Suhaimi, S., Rosli, A. N., & Abd Wahab, M. H. (2022). Development of Computerized Games Pintar-II for the Basic Subject of Computer Science Form 1. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science (JETAS), 4(3), 114–121.

Basori, M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Dewanti, L., & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar pada siswa di SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan-Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381–388.

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi (JMApTeKsi), 1(1), 72–75.

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7-12.

Irawan, D. (2014). Pengembangan Model. An-Nuha, 1, 225–234.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1).

Munir, A. (2008). Menjadi kepala sekolah efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rangkuti, A. N. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK, dan penelitian pengembangan.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rohani, A. (2019). Media instruksional edukatif. PT Rineka Cipta.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 88, 90-92.

Downloads

Published

2024-10-02