PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Keywords:
Audio Visual, Animasi, Pemecahan Masalah, ADDIE, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual animasi berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE dengan lima tahap yakni analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi serta evaluasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi, kuesioner serta test. Hasil validasi audio visual animasi berbasis pemecahan masalah divalidasi oleh ahli media memperoleh skor 96%, ahli materi memperoleh skor 94% , dan ahli bahasa memperoleh skor 84% . Hasil angket respon guru mendapatkan nilai 82,60%, Hasil angket respons siswa mendapatkan nilai 93% serta tes siswa meningkat dengan skor rata-rata N-Gain 0,76 dalam kriteria tinggi. Lembar validasi ahli media,ahli bahasa, ahli materi, respons guru dan siswa terhadap angket,serta lembar tes siswa menyatakan bahwa media audio visual animasi yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan afektif digunakan.
References
Akbar, R. F. (2017). Analisis Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan Collaborative Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Di STAIN Kudus. QUALITY, 1(2).
An, K. V. M. A. B., & Zainuri, A. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Pelajaran Matematika.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.
Devita, A., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 05 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1414-1418.
Hamzah, A. (2021). Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Jainuri, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah. Academia Edu, 1-7.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan model pbl berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar tema indahnya keberagaman di negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.
Kalisom, S. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mulok Materi Upacara Adat Daerah Bima di SMAN 4 Kota Bima Kelas X IPS 4 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 190-208.
Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97-111.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Sapriyah, S. (2019, May). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh metode kuis interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63-72.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Universitas Ahmad Dahlan.
Sumiati, S. N. (2022). Pengembangan Media Komik Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 101950 Lidah Tanah Tahun 2021/2022. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 95-101.