PENGEMBANGAN MEDIA KREATIF DIORAMA SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR KELAS V

Authors

  • Dinda Romadona Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan Media, Diorama, Siklus Air, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kreatif berupa diorama siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi siklus air. Diorama ini dirancang untuk memberikan visualisasi yang jelas dan menarik mengenai proses siklus air, termasuk evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diorama siklus air sebagai media pembelajaran berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep siklus air, yang terlihat dari perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test siswa. Selain itu, tanggapan siswa terhadap media diorama sangat positif, menunjukkan bahwa mereka merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Kesimpulannya, media kreatif diorama siklus air terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V, dan diharapkan pengembangan media pembelajaran inovatif seperti ini dapat diterapkan secara lebih luas di berbagai sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Amanda, O. F. R., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Media Rasi (Diorama Siklus Air) Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Siklus Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10, 1629–1639.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Ayu, R., Asdiyanti, P., Mardati, A., Aqshal, A., & Zulfasari, P. S. (2022). Analisis Penerapan Budaya 5S ( Senyum , Sapa , Salam , Sopan , Santun ) Pada Peserta Didik SD Muhammadiyah Pakem. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1135–1141.

Azizah, U. N., Maruti, E. S., Zahro, F., Info, A., & Belajar, H. (2024). Penerapan Media Diosilir (Diorama Siklus Air) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Khazanah Pendidikan, 18(2), 340–348.

Dita, W. P., & Indrawati, D. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Tangram Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(5), 957–966.

Janna, Mivtahul, A. S., & Hasmawati. (2022). Analisa kualitas air pada calon induk udang Vaname Litopenaeus vannamei (Boone, 1931) di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar. Jurnal Mahasiswa Biologi, Vol.2 No.

Kurniawan, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Dan Dampaknya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Untuk Kelas V SDN Jentis II. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 5, 611–615.

Sari, M. (2024). Pengembangan Media Diaroma Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Siklus Air di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Computer Science and Engineering (IJCSE), 01(November), 7–12.

Seftriana, A., Wulan, S., & Hasanah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 6(3), 21–30.

Taurista, P. S., Zaman, W. I., & Wiguna, F. A. (2024). Pengembangan Media Diorama Siklus Air untuk Siswa Kelas V SDN Sidomulyo 2. Sinkesjar, 566–574. http://repository.unpkediri.ac.id/13192/

Thalha Alhamid, A. B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. 282.

Tsalitsah, N., & Baalwi, M. A. (2024). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1168–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2210

Vellya asril imami. (2021). Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen Dan Peranan Manajemen Dalam Sistem Informasi. Pendidikan, 1–6.

Wijoyo, H. (2021). Sistem Informai Manajemen. In Buku.

Yanti, Y. E., & Huda, M. (2023). Pengembangan Media Dasi (Diorama Siklus Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 66–74. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2406

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Published

2024-10-02