PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS V SDN 1 LODAN WETAN

Authors

  • M. Agung Prastio Utomo Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Inquiry , Media Puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V melalui model inquiry Berbantuan dengan media puzzle. Suatu jenis PTK  dilaksanakan dalam IV tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi akan dilaksanakan pada II siklusyang tiap siklusnya terdiri I pertemuan. Subyek peneltian ini adalah guru dan siswa terdiri satu pertemuan sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian ini menguunakan observasis, tes, dan wawancara  dalam proses belajar mengajar indikator pengamatan siklus1 aktivitas guru  ketercapaian 68,25% dan siklus II  hasil pengamatan indikator guru meningkat menjadi 88,46%  sedangkan dari hasil indikator pengamatan siswa mencapai 68,25% dari siklus 1 dan hasil indikator pengamatan siswa  menuju siklus II  sebesar 88,46%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan prasiklus persentase ketidak ketercapaian indikator kemampuan  berpikir kritis  siswa hanya 4% berada dikategorikan  kurang kemudian dilakukan test kemampuan berpikir kritis siswa siklus 1 dari hasil penelitian belum mencapai indikator hanya  56.26%  adanya perlu perbaikan agar dapat meningkat akan dilanjutkan siklus II dari hasil Penelitian menunjukan ketercapaian indikator siswa  mengalami kenaikan dari siklus I sebesar 81,25 % dapat dikatakan bahwa pelaksanaan kegiatan model inquiry dengan bantuan media puzzle siswa kelas V SDN 1 Lodan Wetan. Sudah ada peningkatan secara signifikan

References

Ahyar, H., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S. P., MS, N. H. A., GC, B., ... & Istiqomah, R. R. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Arikunto, S & Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Farohah, N.A & Tirtoni, F. (2024). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Multikulturalisme Pada Mapel Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd.’ Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 165–173. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1460

Haryoko, S & Bahartiar & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis. Makasar : Universitas Negeri Makasar.

Inanna, I., Rahmatullah, R., & Hasan, M. (2021). Evaluasi pembelajaran: teori dan praktek.

Jumaisa. (2020). Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository? Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 339–348. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1441

Muhadab. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh(Penelitian di MA Hidayatul Faizien Bayongbong). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 60–65.

Mulyani, C. N., Rustina, R., & Herawati, L. (2022). Analisis Proses Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya Belajar Honey-Mumford. Jurnal Kongruen, 1(4), 291-299.

Nofitasari, R. K., Rahayu, R., & Purwaningrum, J. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 57-66.

Nurteha. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 012 Sungai Upih. 94–104.

Pramudya, A.P & Safrul. (2022). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8131–8138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749

Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Sukmawati, A., Aini, F. N., & Zulfikar, M. F. (2023). Strategi pembelajaran inkuiri dan penerapan model pembelajaran bahasa Indonesia. Lingua Skolastika, 2 (2), 44–53.

Suratno, U., Suardja, T.O., Yamin, S., Kartini, Mulyati, Rosyad, A. (2020). pendidikan pancasila. Yogyakarta: CV-Media Anggota Ikapi.

Susanti, W., Kom, S., Kom, M., Saleh, L. F., SH, M., Nurhabibah, S., ... & Lisnasari, S. F. (2022). Pemikiran kritis dan kreatif. Media Sains Indonesia.

Wijayanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Discovery Learning Dengan Integrasi Pemanfaatan LMS SMAN Six Learning System. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(1), 100–116.

Downloads

Published

2024-10-02