PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI SOKOSARI 2

Authors

  • Yuli Intan Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Educaplay, Evaluasi Pembelajaran, IPAS

Abstract

Penelitian pengembangan pada penelitian ini dikembangkan alat evaluasi pembelajaran Educapay untuk mengetahui seberapa valid, efektif dan praktis produk ketika digunakan. Model penelitian pengembangan adalah model ADDIE dengan 5 tahap yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Peneliti menentukan subjek penelitiannya pada siswa kelas IV UPT SD Negeri Sokosari 2 yang berjumlah 12 siswa. Instrumen validasi yang dibutuhkan adalah lembar validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa, angket respon siswa dan angket respon guru dan soal tes siswa. Teknik analisis data pada menggunakan analisis data kevalidan, analisis data keefektifan, dan analisis data kepraktisan. Hasil penelitian pada tingkat kevalidan memperoleh validasi ahli materi sebanyak 88%, ahli media 94%, ahli bahasa 88% termasuk kategori sangat valid. Hasil tingkat kepraktisan memperoleh nilai 100% dari respon guru dan angket  respon siswa didapatkan rata- rata 88% menunjukkan dalam kategori sangat praktis. Hasil tes siswa rata- rata N- Gain yang didapatkan sebanyak 0,702456374 dengan kategori “tinggi”. Data yang dihasilkan dari responden dan tes siswa tersebut menyatakan bahwa Educaplay yang dikembangkan sangat valid, efektif, dan praktis.

References

Aini, Q., Novidayanti, & Basith, A. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 1, 2023 | 69. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 69–74.

Batitusta, F. O., & Hardinata, V. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget terhadap Hasil Belajar Menulis Esai. Jurnal JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7, 2685–2690.

Hardika, Aisyah, N. E., & Gunawan, I. (2018). Transformasi Belajar Generasi Milenial. Universitas Negeri Malang.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 2322–2336.

Madina, N. P., & Zulherman. (2023). Pengembangan E- Book Berbantuan Book Creator Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Research and Development Journal Of Education.

Mulyani, K., & Aeni, C. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Kemasan Dan Pemasaran Produk. SNasPPM, 8(1), 795–805.

Novialdi, Mz, Z. A., & Thahir, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru. 1(1), 25–33.

Pratiwi, V. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator pada Materi Penyusutan Aset Tetap. JPAK, 4.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan (Apri Nuryanto (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.

Udin, M. B., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. UMSIDA PRESS.

Umah, I. M. K., Yandari, I. A. V., & Hakim, Z. R. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembalajaran Berbasis Digital melalui Web Wordwall pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9, 269–278.

Wulandari, A. D., Juni’ah, & Susilawati. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Yulianti, A., & Ekohariadi. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-EDU, 05, 257–533.

Yuselmi, R., Zulyusri, & Lufri. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal ESABI, 4(1), 21–25.

Zainuri, A. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Pelajaran Matematika Kelas V MI Al Barokah An Nur Ajung Jember. Digital Library UIN KHAS Jember.

Downloads

Published

2024-10-02