PENGEMBANGAN MEDIA GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO II
Keywords:
Game edukasi wordwall, Pendidikan Pancasila, gotong royongAbstract
Tujuan dari penelitian adalah menciptakan GAULL (Game Edukasi Wordwall) sebagai program edukasi pengajaran PKn di Sekolah Dasar. Penelitian ini memakai metode penelitian dan pengembangan (RnD). Dalam penelitian memakai metode ADDIE dengan lima langkah diantaranya (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Penelitian tersebut dilaksanakan di sekolah UPT SDN Sidomulyo II di Kecamatan Tuban dengan subjek kelas IV sejumlah 20 peserta didik. Metode analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan penilaian dari validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respons guru dan peserta didik, beserta post-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media GAULL (Game Edukasi Wordwall), kelayakan media GAULL pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila (PKn). Berdasarkan penilaian ahli media dengan kriteria sangat layak sebesar 96%, ahli materi dengan kriteria sangat layak 95%, dan ahli bahasa mendapatkan kriteria sangat layak sebesar 93%. Hasil post-test memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase 100%. Sehingga media GAULL layak digunakan untuk pembelajaran PKn di sekolah, khususnya materi pola hidup gotong royong, karena media tersebut mudah diaplikasikan oleh siswa, menyenangkan, dan lebih baik dalam proses pembelajaran.
References
Andriany, R., & Warsiman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 406–422. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209
Caesar, H., Konjin, T., & Wiratama, N. A. (2023). Pengembangan Media Peran (Pop Up Book Peraturan) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Kebomlati Tuban. In Elementary school journal (Vol. 2, Issue 1).
Firdawela, I., & Reinita, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 99–112.
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran MEDIA PEMBELAJARAN.
Nurindah, P., Wibawa, S., & Magfiroh, Z. A. (n.d.). (2024). Implementasi Media Wordwall Games Dalam Pembelajaran.
Pradani. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457. https://doi.org/10.55904/educenter.vli5.162
Prima, A. dan Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SN
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. www.wordwall.net
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21