PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI MENGENAL KARAKTERISTIK LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • An-nisa' Binuril Firdaus Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media diorama, pendidikan pancasila, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengembangkan media diorama untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Penelitian ini menerapkan penelitian dan pengembangan (R&D). Pada penelitian ini diterapkan metode ADDIE dengan lima langkah diantaranya : 1) tahap analyze (analisis), 2) tahap design (desain), 3) tahap development (pengembangan), 4) tahap implementation (implementasi), 5) tahap evalution (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jadi III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban dengan subjek uji coba Kelas II Sekolah Dasar berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data menerapkan penilaian validasi ahli materi, validasi ahli Bahasa, validasi ahli media, angket respon guru dan siswa, serta posttest . dengan presentase ahli media 84%, ahli materi 94%, ahli Bahasa 96%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama (kategorinya) digunakan untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila disekolah khususnya materi karakteristik lingkungan rumah dan sekolah karena media tersebut mudah diaplikasikan oleh siswa, menyenangkan, dan bisa menaikan hasil belajar.

References

Dewi, Syahid Musthofa Akhyar, D. A. (2022). Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. 6(1), 1541–1546.

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82–97. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i1.1784

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Sa’adah, U., & Ellianawati. (2022). Pengembangan Students Worksheet Online Berbasis STREAM Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 11(1), 44–52. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Sari, H., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audio Visual Pada Pembelajaran PKN Materi Keputusan Bersama Di Kelas V SDN 102063 Bangun Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 67–81.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Triyanto, & Fadhilah, N. (2018). Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179.

Yuparing, F. R., Wiyono, B. B., & Sutadji, E. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 311–323. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1703

Downloads

Published

2024-10-02