PENGEMBANGAN MODUL LITERASI DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II UPT SD NEGERI DAWUNG 2
Keywords:
Modul, ADDIE, Kevalidan, Kepraktisan, KeefektifanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berupa Modul Literasi Dasar bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap produk yang dikembangkan. Pada penelitian ini, subjeknya adalah siswa kelas 2 SDN Dawung 2 Palang. Model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, serta validasi dari ahli materi, bahasa, dan media, selain itu juga meliputi angket respon guru dan siswa, serta tes siswa. Teknik analisis data mencakup kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi oleh tiga ahli menunjukkan bahwa ahli materi memberikan skor 88%, dengan kriteria sangat valid; ahli bahasa memberikan skor 80%, menunjukkan kriteria valid; dan ahli media memberikan skor 78%, yang juga valid. Respon guru mencapai skor 100%, dengan kriteria sangat praktis, sementara respon siswa mencapai skor 92,38%, menunjukkan kriteria sangat praktis. Selain itu, hasil tes siswa menunjukkan bahwa Modul Literasi Dasar efektif.
References
Abu, R. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Siswa Sekolah Dasar.
Agustini, A., & Fadliansyah, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Sampel Kelas II UPTD SDN Campor 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 2(2), 62–70.
Ahid, N. (2006). Konsep dan teori kurikulum dalam dunia pendidikan. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 12–29.
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.
Eka, S. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis literasi bahasa dan numerasi dikelas IV SD. UIN Raden Intan Lampung.
Herman, H., Panji, A. L., & Mahmud, M. E. (2023). Kebijakan Perubahan Kurikulum Di Indonesia. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 92–104.
Magdalena, I., Khofifah, A., & Auliyah, F. (2024). BAHAN AJAR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(6), 21–30.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152
Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Radiyono, Y. (2017). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 111. https://doi.org/10.21009/1.03115
Sarira, N. (2023). Pengembangan Modul Pokok Bahasan Kebersamaan Berbasis Literasi Baca Tulis di Kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Sriyanti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Metode Kolaborasi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 156–163.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.