PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIDI (KOMIK DIGITAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indah Wulan Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, Komik Digital, Bahasa Indonesia

Abstract

Kegiatan penelitian dilakukan untuk mendapat tingkat valid, praktis dan efektif suatu media. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan produk media KOMIDI (Komik Digital) pada mapel bahasa Indonesia materi fakta dan opini. Siswa kelas V di UPT SD Negeri Plumpang IV menjdi subjek pada penelitian ini. Penelitian yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan yang disingkat (R&D) serta menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui angket dan tes,  dengan analiasi data dilakukan melalui uji valid, uji efektif dan uji praktis. Instrument pengambilan data meliputi lembar validasi dari ahli bahasa, media, dan materi, serta lembar tes evaluasi siswa, dan lembar kuisioner respon dari guru dan siswa. Dari kegiatan penelitian didapat hasil yang menunjukan bahwa media KOMIDI (Komik Digital) dinyatakan sangat valid dengan peresentase kevalidan sebesar 90% dari pakar bahasa, 88,5% dari pakar media dan 91,4% dari pakar materi. Media ini juga dinyatakan sangat efektif dengan hasil persentase 82,3% dari hasil tes siswa. Dan dinyatakan sangat praktis dengan hasil persentase 88,8% dari kuisioner respon guru serta 93,7%  hasil kuisioner respon sisiwa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimplkan bahwa KOMIDI (Komik Digital) yang dibuat telah valid, praktis, dan efektif  diterapkan untuk kegitan pembelajaran.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Faizah, A. N., Manasikana, C. A., & Sutriyani, W. (2022). Peran Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Pemahaman Konsep Pembagian Di Kelas II SDN 1 Tahunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 15–24. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2073%0Ahttp://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2073/1842

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajak Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Izzah, M. A., Rosidah, S. A., & Khumairoh, N. (2020). Komik sebagai Alternatif Media Pembelajaran Maharah Qira’ah untuk Siswa Madrasah Ibtida’iyah (MI). Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2, 345–354.

Laksana, S. D. (2015). Komik Pendidikan sebagai Media Inofatif MI/SD. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 151–162. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.151-162

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090

Saleh & Syahruddin, dkk. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Verawaty, E., & Zulqaiman. (2021). Bahasa Indonesia Bergerak Bersama. Pusat Perbukuan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran.pdf

Wiratama, N. A. (2021). Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 509–516.

Downloads

Published

2024-11-22