PENGEMBANGAN MEDIA VIKARTA (VIDEO KARTUN CERITA) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I UPT SD NEGERI KEBOMLATI KECAMATAN PLUMPANG

Authors

  • Atsania Rismatul Azkiya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Video kartun, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitiaan ini meempunyai tujuan menciptakan media pembelajaran yang dapat mendukung salah satu aspek dalam memperbaiki kualitas pendidikan. Penelitian ini menciptakan produk dalam bentuk media VIKARTA (Video Kartun Cerita). Dengan subjek siswa kelas 1 UPT SD Negeri Kebomlati yang terdiri dari 18 anak. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE  yang mempunyai beberapa langkah yaitu analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Instrument yang digunakan mencakup lembar validasi dari para ahli, angket untuk menilai respon guru dan peserta didikserta lembar tes yang ditujukan bagi peserta didik. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media VIKARTA mendapatkan nilai dari  ahli media dengan persentase 100%, ahli bahasa 90%, dan ahli materi 85,7% maka nilai persentase dari ketiga para ahli tersebut jik dimasukan dalam kriteria kevalidan maka mendapatkan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari angket respons guru dan peserta didik menunjukan hasil persentase sebesar 87.5% dari angket respon guru dan 95.9% dari angket respon peserta didik. berdasarkan kriteria kepraktisan maka angket tersebut masuk  golongan “sangat praktis”. Sementara hasil uji kefektifan memperoleh nilai persentase sebesar 86% yang termasuk dalam kriteria “sangat efektif”. Dari paparan tersebut maka media VIKARTA ditetapkab bahwa masuk golongan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

References

Faujiah, N., Septiani, S. N., & Putri, T. (2022). Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.

Hanafi, H. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Hidayat, A., Irawan, I., Pahlawan, U., Tambusai, T., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2017). Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan. 1(2), 51–63.

Ibrahim, M. A., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113.Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online / daring (dalam jaringan). Diakses pada tanggal 08 Mei 2024. https://kbbi.web.id/cerita

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. 516–525.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. 2(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Masrin, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SMA Labschool. (n.d.). https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.2630

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23-33.

Nisawati, D., & Maulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Setyawan, R. A., Atapukan, W. F., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., & Janabadra, U. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. 7, 54–61.

Trisiana, A., & Pancasila, P. (2020). Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. 10(November), 31–41.

Wiratama, N. A. (2019). Penerapan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (sfae) dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas iv sdn kamulan ii kecamatan talun kabupaten blitar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 122-133.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 91–100.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran 234–237.

Downloads

Published

2024-12-12