PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
IPA, Pengembangan, E-book, CanvaAbstract
Pada UPT SD Negeri Leran Kulon 2, pembelajaran IPA mengenai tata surya menghadapi sejumlah tantangan, seperti kurangnya interaksi siswa, minat belajar yang rendah, dan keterbatasan sarana, dengan kurang dari 70% dari 11 siswa kelas VI mencapai standar pemahaman materi. Ketersediaan buku bacaan elektronik untuk siswa juga masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media e-book berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book berbasis Canva terbukti efektif dalam pembelajaran IPA tentang tata surya, dengan validasi ahli materi, media, dan bahasa memberikan skor masing-masing 82,2%, 80%, dan 80%. Implementasi di kelas menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 82,73%, dengan 9 dari 11 siswa mencapai nilai di atas KKM. Respon positif dari pengguna, dengan penilaian siswa dan guru masing-masing 94,2% dan 90%, menegaskan bahwa e-book ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ahyadi, I. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 49–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Ciptaningtyas, W. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. In Un Pgri Kediri (Issue 8.5.2017). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.
Fatimah, S., & Kartika, K. (2018). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Bidayah, 5(2), 281–297. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/125
Hadi, A. N., Priandini, A. B., W, W. U. K., Ju’subaidi, Puji, V., & Cahyani. (2021). Pengembangan e-book interaktif materi tata surya untuk peserta didik smp/mts kelas VII. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 160–167.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Keislaman, Saintifika Islamica: Jurnal Kajian, 4(2), 129–150.
Hidayanti, N., Usmanto, H., & Candra, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Canva Untuk Mendukung Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Ppkn Kelas X-1 MAN 1 Muaro Jambi Pendahuluan Agar peserta didik memiliki kemampuan berfikir kreatif perlu diciptakan suatu. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1), 35–47.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (3rd ed., Issue 112). PT RajaGrafindo Persada.
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1).
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549
Pratiwi, A. E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas Vi Sd Negeri 2 Krajan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Widya Dharma Klaten.
Purnama, S. (2018). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI, 4(1), 19–32.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D / Sugiyono. Alfabeta, 2017.
Sumarni, S. (2019). Model Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (MANTAP). UIN Sunan Kalijaga.
Trianingsih, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Sistem Tata Surya Melalui Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7744
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497