PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR INTERAKTIF (PAPAPIN) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN SENDANGHARJO 4
Keywords:
Media Papan Pintar Interaktif, Hasil Balajar, ADDIEAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang proses pengembangan dan menilai efikasi, viabilitas, dan validitas media papan pintar interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan produk melalui pembuatan media papan pintar interaktif. Siswa di SDN Sendangharjo 4 di kelas I menjadi subjek penelitian. Model ADDIE, yang meliputi fase Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, digunakan untuk melakukan pengembangan produk. Selain survei respons siswa dan guru dan pertanyaan tes evaluasi, alat pengumpulan data meliputi lembar validasi dari spesialis bahasa, media, dan materi. Teknik untuk menganalisis data meliputi analisis validitas, kegunaan, dan efektivitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media papan pintar interaktif ini memperoleh hasil 88% dalam validasi bahasa dan dinyatakan valid, 96% dalam validasi materi yang dinyatakan sangat valid, dan 85% dalam validasi media yang juga dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan hasil 94% yang dinyatakan sangat praktis, sedangkan uji keefektifan media menunjukkan hasil 92% dan dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media papan pintar interaktif yang diciptakan dianggap sah, berguna, dan efisien untuk tujuan pendidikan.
References
Agam, T. N., & Sulistiowati. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Permainan Alat Musik Sederhana Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendiidikan, 1–8.
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385
Amalia, I., As’ari, A., & Hasanah, U. (2021). Developing an Intercultural-Based Text Book for Teaching Writing. Loquen: English Studies Journal, 14(2), 64. https://doi.org/10.32678/loquen.v14i2.4959
Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161
Aprianto, D., & Wahyudi, A. (2023). Integrasi Manajemen Kurikulum , Dan Teknologi Pendidikan Dalam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 4414–4424.
Elizabeth, R. (2017). Pemanfaatan Kemasan Produk Sebagai Materi Otentik Dalam Pembelajaran Imbuhan Di Kelas Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). JLT – Jurnal Linguistik Terapan Politeknik Negeri Malang, 7(1), 56–60.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring-Design of Development of Online-Based Learning Assessment Instruments. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.
Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria , 1(September), 93–100.
Lubis, R., Nabila, P., Nasution, N. I., Azzahra, L., Hasraful, H., & Andina, F. (2024). Evolusi Remaja Usia 17-19 Tahun: Analisis Pertumbuhan Dan Perkembangannya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7899-7906.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 76–82.
Setiadi, G., & Nurma Yuwita. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Addie Bagi Mahasiswa Iai Sunan Kalijogo Malang. Akademika : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 200–217. https://doi.org/10.51339/akademika.v2i2.207
Syahputra, M. C. (2020). Pengembangan Model ADDIE dalam Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer Di SMP YAPITA Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(2), 104–113.
Wahyuni, F. M., Mustami, M. K., & Hamansah, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kapas (Kartu Pasangan) Pada Sub Materi Invertebrata. Jurnal Al-Ahya Volume, 2(2).